Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Manusia

18 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Manusia

18 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Manusia, Khasiat Daun sambiloto atau dengan nama latinnya Andrographis paniculata merupakan tumbuhan khas daerah tropis yang digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beragam penyakit. Tumbuhan ini menurut asalnya dari Asia tropis. Tanaman sambiloto dapat tumbuh hingga ketinggian ± 1 meter dengan posisi tegak.

Khasiat Tanaman sambiloto dapat tumbuh pada suhu 25°C; – 32°C.; Daun sambiloto sudah dikenal sejak zaman dahulu, karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa tanaman sambiloto memiliki zat aktif yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

Citra rasa yang dihasilkan oleh daun sambilto ini cukup pahit. Terkadang daun sambiloto dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibuat menjadi jamu. Daun sambiloto terdapat kandungan kimia alami. Berikut ini adalah untaian tentang kandungan senyawa yang terdapat pada daun sambiloto, diantaranya:

– Minyak atsiri
– Kalsium
– Natrium
– Laktone
– Alkane
– Zat andrographolid
– Kalium

Zat andrographolid pada daun sambiloto inilah yang menghasilkan rasa pahit yang luar biasa. Jika mengolahnya kurang tepat, maka zat ini merupakan racun bagi tubuh. Androrapholid adalah komponen utama dalam sambiloto yang memmiliki multiefek farmakologis. Zat aktif ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hati, payudara, dan prostat. Nah, ingin tahu lebih lanjut dengan khasiat daun sambiloto?

Khasiat Manfaat Daun Sambiloto

1. Mengobati radang paru-paru
Penyakit paru merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Pada umumnya penyakit paru akan menular pada orang lain seperti TBC. Untuk mengobati radang paru-paru caranya rebus 15 gram daun sambiloto yang telah dikeringkan dalam 3 gelas air. Rebuslah hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingan saring dan minuma airnya sesudah makan.

2. Menurunkan tekanan darah
Manfaat kedua dari daun sambiloto adalah dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi juga lebih dikenal dengan hipertensi. Kandungan kalium yang terdapat pada daun sambiloto ternyata dapat menurunkan tekanan darah yang berlebihan.

3. Menurunkan kadar gula darah
Gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan resiko diabetes. Hasil percobaan farmakologi menunjukan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

4. Mengobati disentri
Disentri merupakan keadaan yang lebih parah dari diare. Hal ini disebabkan oleh virus dan bakteri penyebab diare yang telah berkembang biak. Untuk mengobati disentri caranya dengan menggunakan daun sambiloto. Godok hingga mendidih 200 gram daun sambiloto pada 3 gelas air. Godok hingga tersisa 2 gelas. Sebelum diminum, saringlah airnya terlebih dahulu dan dikonsumsi setiap pagi dan sore hari.

5. Mengatasi tifus
Masalah tifus mungkin pernah kita alami sendiri. Tifus dapat terjadi ketika tubuh merasa sangat lelah akibat aktivitas yang terlalu padat. Untuk mengatasi tifus caranya cukup mudah, dengan merebus 12 lembar daun sambiloto pada air secukupnya. Setelah dingin, saring dan minum airnya secara rutin hingga tifus reda dengan sendirinya.

6. Mencegah kanker
Manfaat berikutnya dari daun sambiloto ini adalah untuk mencegah kanker. Senyawa kimia alami yang terdapat pada daun sambiloto sangat ampuh dalam mencegah dan membunuh sel-sel penyebab kanker.

7. Mengatasi sakit kepala
Ternyata sakit kepala dapat diatasi dengan mengkonsumsi herbal daun sambiloto. Selain itu, daun sambiloto juga bermanfaat dalam mencegah influenza dan demam.

Manfaat Lainnya Seperti:

8. Mengobati sakit gigi

9. Mengobati batuk rejan

10. Mengobati tubercolosis

11. Mengatasi gatal-gatal

12. Menjaga stamina tubuh

13. Mengobati malaria

14. Mengobati leptospirosis

15. Dapat mendetoks racun didalam tubuh

16. Mengobati radang ginjal akut

17. Mengobati radang telinga tengah (OMA)

Demikianlah artikel tentang Khasiat dan manfaat daun sambiloto untuk kesehatan manusia. Mengkonsumsi daun sambiloto juga perlu diperhatikan, jangan terlalu berlebihan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *