Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

17 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

17 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Pengobatan, Dalam bahasa latin, Khasiat daun sirih disebut dengan Piper betle yang merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh merambat. Daun sirih ini sudah terkenal dimasyarakat Indonesia. Pada zaman dahulu, daun ini digunakan untuk nyirih bagi orang tua.

Khasiat Daun Sirih yang mungkin belum anda tahu, Daun dan buahnya dapat dikonsumsi oleh manusia dengan ditambahkan gambir dan pinang. Selain itu daun sirih ini digunakan untuk obat dan pengobatan. Bentuk dari pohon sirih ini biasanya menjalar dengan menumpang pada obyek lain seperti pohon, pagar atau tembok. Daun sirih berbentuk seperti hati serta bertangkai yang tumbuh secara selang seling mengikuti sulur batangnya.

Walaupun menumpang pada tumbuhan lain, pohon sirih bukanlah parasit karena dapat memproduksi klorofil sendiri. Sirih yang tumbuh di wilayah Indonesia terbagi menjadi beberapa macam. Penasaran dengan macam-macam tanaman sirih di Indonesia?.

Jenis-jenis tanaman sirih :

  • Sirih Hitam
  • Sirih Bulu
  • Sirih Hati
  • Sirih Jalu
  • Sirih Irian
  • Sirih Kuning
  • Sirih Philipine
  • Sirih Silver
  • Sirih Wulung

Itulah beberapa jenis pohon sirih yang tumbuh di Indonesia. Dalam daun sirih terdapat kandungan minyak atsiri. Daun sirih ini memiliki aroma yang khas. Coba perhatikan bahwa daun sirih ini tidak akan diserang oleh ulat pemakan daun. Kandungan kimia alaminya ini yang ditakuti oleh ulat pemakan daun. Pohon sirih dapat tumbuh hingga 15 meter. Dari daun sirih, ternyata banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh. Apa saja manfaat dari daun sirih?

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih

1. Mengatasi mimisan
Ketika masa kanak-kanak sering sekali terjadi mimisan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan menggulung daun sirih yang telah dicuci bersih. Kemudian sumpalkan pada hidung yang mimisan. Tidak berapa lama mimisan tersebut akan berhenti dengan sendirinya.

2. Mengatasi bau mulut
Kebersihan mulut ini sering sekali diabaikan, sehingga menimbulkan masalah bau mulut. Untuk mengatasi bau mulut dapat dilakukan dengan mengunyah 1 lembar daun sirih selama beberapa menit. Selain itu, dapat juga berkumur dengan air rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut.

3. Mengobati sakit gigi
Rebus daun sirih dengan satu gelas air sampai mendidih lalu biarkan sampai dingin. Gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur, lakun sampai sembuh. Atau sediakan 2 lembar daun sirih lalu remas bersama garam secukupnya lalu seduh campuran tersebut dengan air panas aduk sampai larut biarkan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur.

4. Mengatasi asma
Penyakit asma selain dapat disembuhkan dengan daging kalong serta renang, ternyata juga dapat diatasi dengan daun sirih. Caranya dengan merebus 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Diamkan hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin saring dan minum airnya. Lakukan secara teratur hingga asma tidak kambuh-kambuh

5. Sebagai obat batuk
Berikutnya manfaat dari daun sirih adalah sebagai obat batuk. Caranya dengan rebus 5 lembar daun sirih, 11 biji kemukus, 11 biji cengkeh, 11 biji kapulaga dan kayu manis secukupnya dalam 2 gelas air. Diamkan hingga mendidih dan tersisa 1/2 nya (1 setengah gelas). Ketika dingin saring dan minum airnya 3 kali dalam sehari.

6. Mengobati sakit mata
Nah, ketika terjadi sakit mata maka bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Dengan cara merebus 1 lebar daun sirih pada 1/2 gelas. Ketika sudah mendidih, tunggu dingin kemudian disaring. Gunakan airnya sebagai obat tetes pada mata.

7. Mengobati luka bakar
Luka bakar akibat benda panas atau terkena api dapat diobati dengan daun sirih ini. Caranya yaitu dengan memanaskan daun sirih secukupnya sampai layu lalu, kemudian tempelkan diatas kulit yang terkena luka bakar. Dalam beberapa hari luka bakarnya pun akan berangsur-angsur membaik.

8. Mengatasi diare
Untuk mengatasi diare dengan daun sirih caranya dengan menumbuk hingga halus 5 lembar daun sirih, 1 minyak kelapa dan 6 biji lada. Kemudian gunakan racikan terseut pada bagian perut dan biarkan sampai mengering. Rasa hangatnya akan meresap kedalam perut. Sesudah itu bilas dengan air bersih.

9. Mengatasi penyakit jantung
Mengatasi penyakit jantung dengan daun sirih merupakan cara yang mudah. Persiapkan 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 7 biji kemukus serta 1 sendok makan jintan putih. Tumbuk halus semua bahan tersebut dan tambahkan 5 sendok makan air panas dan aduk rata. Diamkan hingga dingin, saring dan minum airnya 2 kali dalam sehari secara teratur.

10. Mengobati keputihan
Keputihan merupakan masalah bagi kaum wanita. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan merebus daun sirih secukupnya dengan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut dapat digunakan untuk membilas bagian kewanitaan. Lakukan secara rutin hingga keputihan hilang.

11. Menghilangkan gatal pada kulit
Alergi kulit yaitu gatal-gatal dapat diatasi dengan menumbuk daun sirih hingga halus. Kemudian balurkan pada bagian kulit yang gatal. Dengan demikian, rasa gatal akan berkurang dan hilang dengan sendirinya.

12. Mengobati sariawan
Sariawan dapat terjadi karena tergigit atau tersogok sikat gigi. Hal ini bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan merebus 3 lembar daun sirih pada 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih, kemudian saring airnya. Air rebusan daun sirih dapat digunakan sebagai obat kumur dan dapat ditelan.

13. Mengatasi sifilis
Sifilis merupakan salah satu penyakit kelamin yang menyerang kaum pria. Untuk mengatasi masalah ini dapat merebus 25 lembar daun sirih bersama tangkainya, garam dapur secukupnya serta 1/4 kg gula aren. Rebus semua bahan denga 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 3 kali setiap hari hingga sembuh.

14. Anti nyamuk
Daun sirih ini terkenal karena tidak ada seekor ulat yang mau hinggap padanya. Nah, jadi daun sirih ini dapat digunakan sebagai obat alami pengusir nyamuk, semut, lalat dan kecoa.

15. Mengatasi jerawat
Jerawat yang timbul pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasi jerawat ini caranya dengan mengoleskan daun sirih yang telah ditumbuk pada wajah. Dengan kata lain menggunakan masker wajah yang terbuat dari daun sirih. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

16. Mengobati radang tenggorokan
Radang tenggorongkan dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Cara mengatasu radang ini dengan merebus 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Diamkan hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin saring dan minum airnya.

17. Mengatasi eksim
Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang menyerang manusia. Untuk mengatasi penyakit eksim ini dapat menumbuk daun sirih secukupnya kemudian membalurkan pada kulit yang terdapat eksim. Cara ini dapat mengatasi eksim basah dan eksim kering.

Demikianlah artikel tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan dan pengobatan. Kecil bentuknya tetapi besar manfaatnya. Harga daun sirih yang dijual dipasar tergolong murah yaitu berkisar antara 3.000 hingga 5.000 per iketnya. Jika yang dijual daun sirih merah, memang sedikit lebih mahal. Jika dikonsumsi berlebihan, daun sirih ini tidak akan menimbulkan efek samping. Walaupun tidak menimbulkan efek samping, maka menggunakan daun sirih juga perlu diatur.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *