Manfaat Ikan Mas Yang Mungkin Belum Anda Tahu

Manfaat Ikan Mas Yang Mungkin Belum Anda Tahu

Manfaat Ikan Mas Yang Mungkin Belum Anda Tahu, Siapa yang tidak mengenal ikan mas? Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Dalam bahasa latinnya, ikan mas dikenal dengan nama Cyprinus carpio. Menurut sejarahnya, ikan mas telah diperlihara sejak tahun 475 SM di Cina.

Khasiat, Ikan mas kemudian menyebar luas dan masuk ke Indonesia pada tahun 1920. Ikan mas memiliki harga ekonomis yang cukup tinggi. Di Indonesia sendiri, ikan mas ini telah banyak dibudidayakan dan setidaknya sudah ada 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologinya. Ikan mas termasuk kedalam jenis ikan omnivora yang memakan hewan dan tanaman mikroskopis. Bentuk dan warna ikan mas ini bermacam-macam. Ada yang memiliki sisik gelap dan kuning keemasan. Pada ikan mas terdapat kandungan gizi yang sangat menyehatkan tubuh.

Kandngan gizi pada setiap 100 gram ikan mas

Kandungan Gizi

Nilai Gizi
Kalori
86 kal
Protein
16 g
Lemak
2 g
Kalsium
20 mg
Fosfor
150 mg
Besi
2 mg
Vitamin A
150 SI
Vitamin B1
0,05 mg
Air
80 g

Itulah beberapa kandungan gizi yang terdapat pada ikan mas. Ternyata ikan mas ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang sangat menggugah selera. Pengolahan ikan mas cukup mudah, contohnya seperti digoreng, bakar, pepes atau dijadikan sup. Gizi yang terdapat pada ikan mas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, penasaran dengan manfaat ikan mas?

Berikut adalah ulasan singkat tentang manfaat ikan mas, antara lain:

Mengontrol Berat Badan
Manfaat pertama dari ikan mas ini adalah untuk mengontrol berat badan. Lemak yang terdapat pada ikan mas tergolong rendah. Sehingga dapat difungsikan dalam menurunkan kadar lemak jahat atau LDL yang berada didalam tubuh. Jadi menu ikan mas sangat cocok dijadikan sebagai menu dalam menjalankan program diet.

Menjaga Kesehatan Mata
Bertambahnya usia dapat menyebabkan daya penglihatan mata menjadi menurun. Untuk menjaga kesehatan dapat dilakukan sejak dini hingga tua. Ikan mas ternyata memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Dengan adanya asupan vitamin A ini, maka mata dapat terhindar dari sindrom mata kering, macula dan glaucoma.

Menutrisikan Otak
Kandungan DHA atau docosa hexaenoic acid yang terdapat pada ikan mas ini dapat menutrisikan otak. Omega 3 ini akan merangsang syaraf dan sel-sel otak sehingga dapat mencerdaskan otak. Seseorang yang mendapat asupan omega 3 yang tepat memiliki daya ingat yang lebih kuat. Jadi mulai sekarang konsumsilah ikan mas untuk menutrisikan otak.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Manfaat berikutnya dari ikan mas adalah untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan yang terdapat pada ikan mas ini sangat baik untuk jantung arteri vena. Selain itu, mengkonsumsi ikan mas ini dapat mengontrol detak jantung. Hal ini juga akan melebarkan pembuluh arteri yang menyempit akibat kelebihan lemak. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi 2 – 3 ekor ikan mas dalam seminggu dapat menurunkan resiko kematian akibat gagal jantung.

Menurunkan Hipertensi
Hipertensi atau yang dikenal dengan tekanan darah tinggi sering menjadi masalah bagi setiap orang. Hipertensi ini dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makan tertentu.

Mencegah Peradangan
Mengkonsumsi ikan mas juga dipercaya dapat mencegah terjadinya peradangan. Pada umumnya, peradangan ini menyerang bagian persendian sehingga menyebabkan pembengkakan. Akibatnya, tubuh terasa sakit dan ngilu. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi olahan ikan mas.

Menjaga Stamina Tubuh
Manfaat selanjutnya dari ikan mas adalah untuk menjaga stamina tubuh. Mengkonsumsi ikan mas sebanyak 3 ekor setiap minggunya mampu mempertahankan stamina tubuh.

Mengurangi Resiko Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah radang pada pembuluh darah manusia yang disebabkan penumpukan plak ateromatus. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan dalam mamfaat ikan mas terdapat EPA atau eikosa pentaenoat. Nutrisi tersebut jika digabungkan dengan DHA akan menjadi omega 3 kompleks yang mampu menurunkan kadar zat tubuh. Contohnya seperti kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein. Adanya asam lemak tak jenuh tersebut berimplikasi untuk menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis.

Mencegah Kanker
Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Salah satu penyakit mematikan yang menjangkit wanita adalah kanker payudara. Menurut penelitian terakhir, ikan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara. Beberapa jenis kanker lainya yang mampu diminimalisir oleh ikan adalah kanker usus kolon dan kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi ikan mas. Demikianlah artikel tentang manfaat ikan mas, semoga menambah wawasan Anda dalam dunia kesehatan. Baca Juga: Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Dan Anak

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *