Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

Perlu Diketahui 7 Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan, Dalam bahasa latinnya, ikan tenggiri dikenal dengan nama Scomberromo commersoni. Ikan tenggiri dapat hidup di perairan tropis dan sub tropis. Di Indonesia sendiri, ikan tenggiri banyak ditemukan di provinsi Riau. Bentuk tubuhnya memanjang dengan kulit yang licin dan tidak bersisik. Jika dilihat secara fisik, daging ikan ini ada yang merah dan ada yang putih. Pengolahan daging ikan untuk berbagai macam masakan ini cukup mudah. Kehidupannya yang dilaut sering sekali menjadi target para nelayan. Tidak hanya itu, para penggemar mancing juga menjadikan lomba. Jadi tidak mengherankan jika ikan tenggiri menjadi favorit masyarakat.

Pada ikan tenggiri juga terdapat beberapa kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah energi sebesar 109 kkal, protein sebsesar 21,5 gram dan asam lemak sebesar 2,6 gram pada setiap 100 gram daging ikan tenggiri. Kandungan protein pada ikan ini lebih tinggi dibandingkan dengan kacang-kacangan. Asam lemak yang terdapat pada ikan tenggiri sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan tenggiri yaitu fosfor, zat besi, seng, yodium dan selenium.

Dari kandungan nutrisi tersebut, terdapat manfaat yang besar bagi tubuh. Penasaran dengan manfaat dari ikan tenggiri?

Berikut Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan

1. Menurunkan resiko kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ikan tenggiri memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan menyehatkan jantung. Oleh sebab itu, bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi sangat cocok mengkonsumsi ikan tenggiri.

2. Mencegah anemia
Siapa yang tidak kenal dengan anemia? Anemia merupakan suatu kondisi dimana sel darah merah pada tubuh seseorang berkurang dalam jumlah tertentu. Masalah anemia dapat disebabkan karena kurang mengkonsusmi makanan bergizi. Salah satu mineral yang membentuk sel darah merah adalah zat besi. Kandungan zat besi yang terdapat pada ikan tenggiri ini sangat baik untuk mencegah dan mengobati anemia.

3. Menurunkan depersi
Manfaat yang ketiga dari ikan tenggiri ini adalah untuk menurunkan depresi. Depresi yang berkepanjangan dapat menyebabkan stres yang cukup parah. Nah, pada ikan tenggiri terdapat kandungan nutrisi yang dapat menurunkan seseorang dari depresi. Jadi tunggu apa lagi, segera konsumsi berbagai macam masakan yang berbahan daging ikan tenggiri.

4. Menutrisikan otak
Ikan tenggiri juga dipercaya dapat menutrisikan otak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung pada ikan tersebut. Mengkonsumsi ikan tenggiri sangat dianjurkan pada usia anak-anak. Dikarenakan pada masa pertumbuhan anak-anak lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi. Sehingga dengan asupan omega 3 ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel syaraf otak. Selain itu, orang dewasa yang mengkonsumsi setidaknya 2 ekor ikan tenggiri setiap minggunya dapat menurunkan resiko kepikunan.

5. Menutrisikan janin
Pada ikan tenggiri juga terdapat kandungan AA dan DHA yang sangat baik bagi perkembangan janin. Kandungan tersebut dapat memperkuat organ tubuh maupun otak janin didalam kandungan. Dengan asupan AA dan DHA yang tepat, maka dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat.

6. Menyembuhkan penyakit kulit
Manfaat berikutnya dari ikan tenggiri adalah untuk menyembuhkan penyakit kulit. Yang bermanfaat yaitu siripnya. Sirip ikan ini dapat mengatasi penyakit kulit seperti eksim, kudis, panu, luka bernanah dan sebagainya. Caranya cukup mudah. Rebus sirip ikan tersebut dalam 2 gelas. Setelah matang, minumlah dalam keadaan hangat.

7. Meredakan gangguan saluran urine
Untuk mempertahankan kandungan gizi ikan tetap terjaga usahakan mengkonsumsi ikan dalam kondisi masih segar. Selain harus dalam keadaan segar, jeroan juga wajib dalam keadaan utuh. Hati ikan tengiri diyakini berkhasiat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati tenggiri ini hanya diperbolehkan bagi penderita usia 20-45 tahun. Untuk manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan mentah-mentah.

Itulah beberapa manfaat ikan tenggiri untuk kesehatan dengan mengkonsumsinya. Menu ikan tenggiri juga sangat cocok dijadikan sebagai menu diet karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *