Tips Sehat Menjalani Program Diet Bagi Para Remaja

Tips Sehat Menjalani Program Diet Bagi Para Remaja

Tips Sehat Menjalani Program Diet Bagi Para Remaja – Masalah kelebihan berat badan tentu saja tidak hanya dialami oleh orang yang sudah dewasa. Anak-anak bahkan remaja sekalipun juga bisa saja mengalami masalah yang sama. Tentu saja hal ini bisa menjadi masalah jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Hal ini bisa diselesaikan dengan cara menjalankan program diet. Tapi, Program diet untuk orang dewasa dan remaja tentu berbeda karena remaja masih menjalani masa-masa pertumbuhan.

Lalu, program diet seperti apakah yang bisa dijalani oleh remaja tanpa mengganggu proses tumbuh kembang mereka? berikut adalah tips yang aman berdiet untuk remaja.

1. Mengontrol Kebiasaan

Kehidupan dan kegiatan sehari-hari yang terbilang cepat justru membuat remaja seringkali melewati waktu makan baik secara sengaja atau pun secara tidak sengaja, dan mengkonsumsi makanan ringan, minuman kemasan bahkan para remaja seringkali melakukan olah raga yang terlalu berat. Hal ini adalah kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh para remaja dan sebaiknya digantikan dengan kebiasaan yang lebih baik dan dapat memacu pertumbuhan mereka seperti mengkonsumsi protein, sayuran dan buah-buahan.

2. Mengontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makan ketika waktu jam makan secara otomatis akan mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Dan jumlah kalori yang sedikit yang masuk ke dalam tubuh akan mengurangi jumlah penumpukan lemak dalam tubuh.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih H2

Mengkonsumsi air putih dengan jumlah 2 – 3 liter perhari sangat dianjurkan untuk memenuhi cairan tubuh kita selain itu juga mengkonsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita yang dapat membantu pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

4. Olahraga 

Melakukan olah raga fisik selama kurang lebih 1 jam dalam sehari juga bisa menjadi faktor penentu anda dalam mencapai berat badan yang diinginkan. Jangan lupa untuk memilih olah raga yang anda sukai seperti jogging, bermain bola, Bersepeda, Senam atau olah raga lainnya. Aktivitas fisik lain seperti membersihkan rumah dan menari juga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh anda.

5. Makan Di Rumah

Mengkonsumsi makanan yang dibeli di luar rumah juga menjadi salah satu kebiasaan remaja, remaja lebih memilih makan di luar dari pada makan di rumah hal ini tidak terlepas dari kebiasaan dan pergaulan yang mereka temui di sekolah atau tempat lainnya. Tapi seharusnya kebiasaan ini dikurangi jika anda ingin menurunkan berat badan karena biasanya makanan yang dijual diluar mengandung jumlah kalori yang terbilang cukup tinggi. Dan mulai membiasakan diri untuk makan dirumah, selain bisa dijaga dari sisi kebersihan, anda pun dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda dan sekaligus bisa mengurangi pengeluaran anda.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *