7 Makanan Pengganti Nasi Saat Melakukan Diet

7 Makanan Pengganti Nasi Saat Melakukan Diet

7 Makanan Pengganti Nasi Saat Melakukan Diet, Indonesia adalah negara agragris dan masyarakatnya seolah tidak bisa terlepas dari nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun bagi orang yang sedang melakukan diet biasanya menghindari mengkonsumsi nasi padahal di dalam nasi terdapat kandungan gizi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh, yaitu karbohidrat. Tetapi karbohidrat yang terkandung dalam nasi terlalu tinggi selain itu di dalam nasi juga terdapat gula yang bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh dan menjadi faktor besar yang bisa meningkatkan berat badan.

BErikut ini adalah makanan yang bisa menggantikan peran nasi sebagai penyedia karbohidrat bagi tubuh,

1. Kentang

Dari tumbuhan yang masuk kedalam kelompok umbi-umbian, kentang yang diolah dengan cara dikukus atau direbus sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet. Namun kentang yang diolah dengan cara digoreng tidak baik bagi anda yang sedang berdiet karena kandungan minyak yang ada di dalamnya.

2. Makaroni

Makarani yang termasuk ke dalam satu jenis pasta ini sangat baik bagi anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan karena kandungan karbohidratnya yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

3. Singkong

Singkong adalah umbi akar yang biasanya diolah dengan cara digoreng untuk cemilan dikala senggang. Namun bagi orang yang sedang berdiet singkong yang diolah dengan cara direbus memiliki asupan karbohidrat yang cukup untuk tubuh anda. Singkong yang diolah dengan cara direbus pun bisa membantu anda dari kolesterol jahat yang didapatkan dari proses penggorengan dengan minyak. Singkong rebus yang ditambahkan dengan parutan keju pun bisa menjadi pilihan menarik bagi anda yang sedang melakukan diet dan ingin merasakan makanan yang tidak hambar.

4. Ubi Jalar

Salah satu jenis umbi-umbian ini pun sering kali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dikala senggang dan ubi jalar sendiri pun juga bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan yang juga enak dan aman dikonsumsi bagi anda yang sedang berdiet.

5. Roti Gandum

Bagi anda yang memiliki pola hidup yang cepat dan memiliki sedikit waktu untuk mengolah makanan, roti gandum bisa menjadi pilihan terbaik anda. Selai itu juga khasiat gandum untuk diet juga bisa anda dapatkan dari roti gandum.

6. Salad Buah

Walaupun buah-buahan tidak mengandung karbohidrat yang tinggi tetapi salad buah bisa menjadi pilihan yang lezat untuk menggantikan makanan berat saat waktu makan siang. Cara mengolahnya pun cukup mudah yaitu dengan memotong buah menjadi ukuran yang anda inginkan dan tanpa tambahan dressing apapun.

7. Salad Sayuran 

Tidak dipungkiri lagi bahwa sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang tinggi dan dapat membuat anda merasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan karbohidrat. Oleh karena itu memilih salad sayuran sebagai pengganti makan siang saat sedang melakukan program diet bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Daftar makanan diatas bisa dijadikan sebagai menu pengganti makan siang pada saat anda sedang melakukan diet dan bisa membantu anda terhindar dari rasa lapar yang bisa menggagalkan program diet anda. Selamat mencoba.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *