Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Ini 12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan – Khasiat mengkonsumsi Buah Naga, Buah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi didengar. Bentuk khas buah naga ini cukup unik. Buah naga atau dengan nama lainnya dragon fruit merupakan jenis tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal mula buah ini dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ketika buah ini diperkenalkan di Indonesia, harga buah naga tergolong sangat mahal dan langka. Jadi buah naga hanya dikenal oleh orang-orang kelas menengah ke atas. Kemudian, Indonesia melakukan budidaya buah naga ini. Buah naga termasuk tanaman tropis bisa tumbuh pada curah hujan 600-1.300 mm per tahun. Temperatur maksimum berkisar 38-40 derajat celcius. Berat rata-rata buah naga ini berkisar antara 300-500 gram.

Khasiat Buah Naga – Di wilayah Indonesia sendiri, pembudidayaan buah naga telah dilakukan dan seiring berjalannya waktu, buah ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki beberapa jenis atau variannya. Nah, sebelum masuk lebih dalam lagi tentang nutrisi dan manfaat buah naga, maka tidak salahnya mengenalkan terlebih dahulu apa saja jenis buah naga yang tersebar di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah naga, diantaranya adalah:

Buah Naga Merah
Buah naga ini sering sekali dijumpai dan yang paling banyak dibudidayakan. Daging buah naga ini berwarna merah pekat. Rasa buah naga merah ini manis.

Buah Naga Hitam
Buah naga hitam pertamakali dikembangkan di Indonesia. Varietas tersebut masih tergolong pendatang baru dalam lingkar argobisnis. Kulitnya berwarna merah lengkap dengan sisik besar yang khas. Perbedaan utama buah ini satu-satunya hanya pada warna dagingnya yang sebenarnya tidak hitam melainkan merah yang sangat pekat mendekati hitam.

Buah Naga Putih
Secara umum, buah naga putih memiliki ciri-ciri yang kurang lebih sama dengan jenis buah naga lainnya. Perbedaannya ada pada daging buah yang berwarna putih sehingga biji kecilnya nampak terlihat jelas. Selain warna daging buah, ternyata buah naga putih juga memiliki aroma yang khas dan berbeda denga jenis buah naga lainnya.

Buah Naga Kuning
Jika dilihat secara seksama, buah ini cukup unik dari pada buah naga lainnya. Warna kuning mencolok ini merupakan ciri khasnya. Daging dari buah naga kuning hampir sama seperti dengan buah naga putih. Sisik yang dimiliki buah naga kuning lebih besar dan pada ujungnya terdapat gradasi warna hijau. Selain itu ciri lain dari buah naga kuning adalah permukaan kulitnya memiliki duri.

Keempat jenis buah naga tersebut sudah dikembangbiakan di Indonesia, sehingga tidak perlu repot untuk mengimpor dari luar. Buah naga ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi secara umum pada buah naga sangat bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi yang terkadung pada buah naga yaitu:

Mineral dan Vitamin

Kandungan
Kadar gula
13-18 briks
Kadar air
90%
Karbohidrat
11.5 g
Protein
0.53 g
Serat
0.71 g
Kalsium
134.5 mg
Fosfor
8.7 mg
Magnesium
60.4 mg
Vitamin C
9.4 mg
Riboflavin
0.045 mg
Karoten
0.012 g
Asam askorbat
9 mg
Abu
0.68 g

Data diatas merupakan beberapa sumber vitamin dan mineral pada setiap 100 gram buah naga. Buah naga ini termasuk rendah kalori yakni sekitar 60 kalori. Jadi buah naga sangat cocok dijadikan kedaftar menu diet. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, maka akan mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaat dari buah naga? Manfaat dari mengkonsumsi buah naga itu termasuk banyak.

Berikut Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

1. Sebagai antioksidan
Sebagian besar manfaat dari antioksidan adalah menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, maka tubuh dapat terhindari dari radikal bebas tersebut. Jadi tunggu apalagi, konsumsi buah naga dari sekarang.

2. Melancarkan buang air besar
Berikutnya yaitu untuk melancarkan buang air besar. Biasanya orang yang susah buang air besar akan mengkonsumsi obat yang berbahan dasar kimia. Hal itu tidak perlu dilakukan, karena kandungan alami pada buah naga mampu melancarkan buang air besar. Caranya mengkonsumsi buah naga secara langsung atau menjadikannya jus.

3. Mencegah kanker
Antioksidan yang terdapat pada buah naga mampu mencegah pertumbuhan sel penyebab kanker. Kandungan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh seperti logam.

4. Menjaga kesehatan mata
Selain manfaat tersebut, ternyata buah naga ini dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten didalam buah naga dapat membuat mata menjadi lebih sehat. Jumlah kandungan beta karoten dalam seratus gram buah naga sama dengan kandungan beta karoten dalam sertus gram wortel.

5. Cocok untuk diet
Buah naga mengandung vitamin yang lengkap sehingga sangat baik dimakan oleh anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan vitamin dalam buah naga mampu membuat tubuh anda tetap stabil saat anda menekan makanan demi mendapat bentuk tubuh yang proporsional.

6. Mengatasi batuk dan asma
Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan s mengganggu aktivitas seseorang. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan. Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

7. Mencegah diabetes
Walaupun manis, kadar gula yang terdapat pada buah naga tergolong kecil dibandingkan dengan buah semangka hingga 70-75 briks. Jadi mengkonsumsi buah naga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus yang sangat membahayakan.

8. Mencegah jerawat
Cara mencegah jerawat dengan buah naga adalah bukan dengan dikonsumsi. Melainkan menggunakannya dalam bentuk masker untuk wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah. Anda tinggal menghaluskan buah naga bersama sedikit air dengan cara di blender. Setelah itu, oleskan buah naga tadi ke wajah dan tunggu beberapa saat. Setelah mulai mengering, anda dapat membersihkannya dengan cara mencuci wajah anda. Lakukan secara rutin setiap 2 hari sekali dan dapatkan wajah yang bersih berseri.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Berikutnya manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah naga adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi buah naga setiap hari. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineralnya dapat mengaktifkan fungsi organ tubuh dalam menangkal radikal bebas.

10. Meningkatkan nafsu makan
Kandungan vitamin B1 dan B2 ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Sehingga pertumbuhan anak akan bertumbuh secara optimal dan sehat.

11. Menunda penuaan dini
Jika anda sering menghirup udara yang terpolusi maka anda terpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Anti oksidan yang ada di buah naga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini ini.

12. Menjaga kesehatan tulang dan darah
Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. 1 buah naga dapat memenuhi 1% dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian.

Demikianlah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh. Masih ada banyak manfaat yang belum disebutkan, tetapi buah naga ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini menambah wawasan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *