Manfaat Udang Bagi Kesehatan, Kandungan Gizi Untuk Tubuh

Manfaat Udang Bagi Kesehatan, Kandungan Gizi Untuk Tubuh

Manfaat Udang Bagi Kesehatan, Kandungan Gizi Untuk Tubuh – Siapa yang tidak mengenal dengan hewan yang satu ini? Ya, udang merupakan hewan yang hidup di perairan seperti di laut, sungai, danau ataupun waduk. Tidak hanya itu, udang juga dapat ditemukan digenangan air yang jernih. Tempat hidup udang berbeda-beda, ada yang di air asin, air tawar dan air payau. Bentuknya juga ada kecil dan besar. Pada umumnya udang besar ini dinamakan lobster.

Khasiat Udang untuk tubuh, hewan ini umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pangan. Pengolahan udang cukup mudah dan dapat dibuat menjadi berbagai macam menu masakan seperti sop, nasi goreng dan sebagainya. Untuk mendapatkan udang ini cukup mudah. Biasanya udang dapat dibeli dipasar tradisional ataupun pasar swalayan.

Ternyata udang mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga tubuh kita dapat ternutrisikan oleh gizi-gizi yang sehat.

Berikut kandungan gizi udang, diantaranya:
– Energi yang terdapat pada udang sebesar 91 kkal
– Protein yang terdapat pada udang sebesar 21 gr
– Lemak yang terdapat pada udang sebesar 0,2 gr
– Karbohidrat yang terdapat pada udang sebesar 0,1 gr
– Kalsium yang terdapat pada udang sebesar 136 mg
– Fosfor yang terdapat pada udang sebesar 170 mg
– Zat besi yang terdapat pada udang sebesar 8 mg
– Vitamin A yang terdapat pada udang sebesar 60 IU
– Vitamin B1 yang terdapat pada udang sebesar 0,01 mg

Selain itu, udang juga mengandung asam amino, potassium, magnesium, tembaga dan sodium. Vitamin E dan vitamin B6 juga ada pada udang. Itulah beberapa kandungan gizi yang terdapat pada udang. Dibalik kandungan gizi tersebut, ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Nah, penasaran dengan khasiat udang bagi kesehatan?

Berikut adalah penjelasan manfaat udang bagi kesehatan, antara lain:
Mencegah Anemia
Anemia merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah dalam jumlah tertentu. Akibatnya tubuh menjadi lemas karena kurangnya peredaran nutrisi yang dibawa oleh darah merah ke seluruh tubuh. Zat besi yang terdapat pada udang mampu mencegah dan mengobati anemia. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengkonsumsi 100 sampai 300 gram udang rebus dalam waktu 3-5 hari. Zat besi merupakan bahan utama dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, dalam memproduksi sel darah merah, zat besi juga dibantu dengan vitamin B6, kolin dan niasin.

Memproduksi Hormon
Manfaat yang kedua dari mengkonsumsi udang adalah untuk memproduksi hormon. Hormon didalam tubuh akan seimbang bila mengkonsumsi udang secara rutin. Contohnya ketika melakukan olahraga, salah satu hormon yang diproduksi adalah adrenaline. Dengan adanya berbagai macam hormon, maka salah satunya dapat meningkatkan massa otot tubuh.

Mencegah Inflamasi
Inflamasi atau peradangan ini dapat terjadi pada siapa saja. Sebuah studi mengatakan bahwa pada udang terdapat kandungan zat yang digunakan sebagai anti-inflamasi. Zat tesebut adalah astaxanthin dan selenium. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

Meningkatkan Selera Makan
Terkadang kita pernah mengalami penurunan selera makan. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi udang. Pada udang terdapat kandungan protein yang akan membentuk peptida. Nah, peptida di dalam tubuh ini akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan selera makan, yaitu hormon cholecystokinin. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki berat badan yang kurang ideal.

Mencegah Kanker
Manfaat berikutnya dari udang adalah untuk mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan dan ditakuti oleh semua masyarakat. Kandungan selenium sebanyak 56 mg pada 4 ons udang, ternyata sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selenium merupakan zat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel penyebab kanker. Selain itu juga dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Udang juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan karena udang mengandung fosfor dan kalsium yang cukup tinggi dalam menutrisikan tubuh. Jika seseorang kekurangan fosfor dan kalsium, maka dapat menyebabkan masalah baru, yaitu osteoporosis. Keadaan ini dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah.

Meningkatkan Energi
Manfaat selanjutnya dari udang adalah dapat meningkatkan energi. Pada udang terdapat kandungan vitamin dan mineral yang dapat membangkitkan energi seseorang walaupun udang dikenal dengan kalorinya yang rendah. Jadi mengkonsumsi 100 gram udang setiap hari dapat menjaga stamina tubuh agar tetap berenergi.

Mencegah Penuaan Dini
Kulit yang sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Masalah yang terjadi pada kulit salah satunya adalah penuaan dini dimana kulit mengalami keriput. Nah, untuk mencegah penuaan dini, maka Anda dapat mengkonsumsi udang. Kandungan zat karotenoid dan vitamin E ini mampu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit sehigga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Menutrisikan Otak
Pada udang juga terdapat kandungan omega 3 yang sangat baik bagi otak. Dengan adanya omega 3, maka dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Sehingga seseorang dapat memiliki daya ingat yang lebih kuat. Omega 3 atau DHA inilah yang dapat menjaga kesehatan syaraf otak.

Mengurangi Resiko Hipotiroidisme
Hipotiroidisme atau gangguan fungsi tiroid ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi udang. Hal ini disebabkan karena kandungan tembaga atau copper pada udang. Apabila kekurangan asupan tembaga, dapat mengganggu kesehatan tiroid.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi udang. Menurut masyarakat udang dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam tubuh. Oleh sebab itu, ketika memasak udang jangan terlalu sering digoreng. Bisa juga dengan direbus atau dikukus, sehingga tidak meningkatkan kadar lemak didalam tubuh. Ada satu hal terpenting, jika mengkonsumsi udang sebaiknya kulit atau cangkangnya jangan dibuang. Ternyata cangkang ini sangat bermanfaat dalam menetralisir kadar kolesterol. Demikianlah artikel tentang manfaat udang bagi kesehatan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *