Ketahui 7 Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari

Ketahui 7 Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari, setelah kita bangun tidur merupakan aktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih. Air putih merupakan salah satu minuman yang sangat baik untuk kesehatan khususnya bagi seluruh anggota tubuh. Maka sungguh tidak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon pada tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera, berdasarkan faktanya seluruh organ tubuhpada manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup demi menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.

Karena pagi hari tubuh yang terbangun dari istirahat sedang berada dalam proses pemulihan semalaman, dan pada saat itu pula kita kehilangan banyak cairan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih ketika bangun tidur. Jika kebutuhan air putih pada tubuh tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif, hal ini disebabkan karena banyaknya aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang ada di dalam tubuh.

Berikut Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari
1. Peningkatan energi dan metabolisme tubuh

Ketika tetap terhidrasi, maka tubuh anda akan berjalan lebih efisien. Produksi dan aliran darah yang lebih baik, proses pemecahan nutrisi menjadi lebih efektif dan oksigen akan sampai ke sel-sel lebih cepat. Ginjal yang cukup akan air, memungkinkan hati untuk melakukan tugasnya yaitu mengubah makanan menjadi bahan bakar menjadi lebih baik. Jika kerja ginjal juga semakin baik, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit ginjal atau batu ginjal, karena pada umumnya kesehatan hati sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh yang aktif dan teratur.

2. Kesehatan pencernaan

Meminum air putih dipagi hari sesaat setelah bangun tidur seperti menyiram racun dari perut misalnya hati, usus dan ginjal, dan menggelontornya keluar. Dengan meminum air putih di pagi hari maka akan menurunkan akumulasi pada asam lambung dalam perut yang dapat menyebabkan terjadinya asam lambung khusus nya bagi seorang yang suka meminum kopi. Ternyata air juga dapat meminimalkan kadar asam urat yang ada di dalam ginjal, dan mempromosikan produksi empedu yang ada didalam hati . Hal ini akan mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu sebelum mulai terbentuk, jika terlalu banyak asam urat dalam darah maka merupakan salah satu penyebab dari keluhan pada penyakit asam urat. Namun dengan meminum air putih secara rutin dipagi hari ternyata dapat menghindarkan rasa sembelit dimana terjadinya pengerasan pada feses akibat kurangnya asupan air. Dengan ini maka semua materi beracun dalam pencernaan akan segera dikeluarkan.

3. Kesehatan jantung

Salah satu efek samping dari asam urat yaitu dapat menyebabkan terganggunya fungsi trombosit didalam darah, serta akan mengakibatkan terjadinya penumpukan plak di dinding arteri. Aterosklerosis merupakan salah satu penyebab utama terjadinya serangan jantung karena penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke jantung.Selain itu air tidak hanya mencegah kelebihan pada asam urat, ternyata juga menurunkan natrium atau kontent lain penanda bio penyakit jantung, keluar dari darah melalui urin dan keringat yang juga akan membantu anda untuk menurunkan tekanan darah.

4. Mengontrol berat badan

Para ahli gizi dan asisten profesor pada ilmu kesehatan masyarakat di Wake Forest University Baptist Medical Center, mengatakan bahwa tubuh tidak selalu bisa membedakan antara rasa lapar dan haus. Jadi, jika anda meminum air ketika anda merasa lapar, maka anda akan merasa adanya penurunan nafsu makan. Sehingga hal ini akan membantu anda agar lebih mudah mencapai tujuan pada penurunan berat badan. Jika anda meminum air putih pada pagi hari, maka anda akan sulit untuk tergoda minum minuman lain yang tinggi akan gula, kalori, dan kafein.

5. Pencegahan penyakit

Menurut Journal of American College of Nutrition, dehidrasi merupakan salah satu penyebab penyakit seperti asma, penyakit jantung, penyakit gigi, diabetes dan glaukoma . Bahkan ini dianggap sebagai faktor yang berkontribusi terhadap masalah saluran pada kandung kemih. Dehidrasi terberat dapat menyebabkan terjadinya suatu kegagalan pada organ dalam otak, jantung atau ginjal dan juga dapat menyebabkan kulit terlihat menjadi lebih tua dan lebih cekung.

6. Kulit jadi berkilau

Selain itu jika anda meminum air putih dipagi hari maka kulit pun menjadi tidak kusam lagi, karena mengonsumsi air putih ternyata dapat membantu merontokkan racun yang ada di dalam tubuh, . Bahkan jika mengkonsumsi air putih setiap pagi setelah bangun tidur maka dapat membantu membersihkan racun dalam darah sehingga wajah menjadi lebih bersemu cantik dan berkilau.

7. Penyeimbang sistem getah bening dan limpa

Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki. Air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan menghidrasi tubuh, bisa memaksimalkan fungsi tubuh Anda dalam seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

Jika anda membiasakan diri agar dapat minum air putih setiap pagi hari, dimana sesaat setelah bangun tidur dan belum melakukan apa-apa memang membutuhkan pembiasaan. salah satu waktu yang paling baik untuk minum air putih adalah pagi hari setelah bangun tidur. Demikianlah artikel tentang manfaat minum air putih dipagi hari. Semoga berguna.