Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Hindari Jenis Makanan Ini, Karena Bisa Jadi Penyebab Jerawat

Bangkit.co.idHindari Jenis Makanan Ini, Karena Bisa Jadi Penyebab Jerawat, Jerawat tak hanya disebabkan faktor luar seperti polusi, kotoran, dll. Namun bisa jadi jerawat pada wajah dikarenakan faktor dalam tubuh. salah satunya salah dalam memilih makanan. Banyak contoh makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Makanan ini memiliki kadar minyak atau gula tinggi. Minyak berlebih dalam makanan ini akan mempengaruhi kerja organ tubuh sehingga membuat kulit wajah memproduksi kelenjar minyak secara berlebih.

Selain itu gula juga menjadi salah satu faktor utama penyebab jerawat. Terlebih jika gula yang kerap dikonsumsi adalah gula buatan. Maka dari itu agar anda terhindar dari jerawat, lakukanlah perawatan secara optimal dari luar dan dari dalam. Salah satunya dengan mengontrol pola makan dengan tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Apa saja jenis makanan penyebab jerawat, berikut ini ulasan lengkapnya.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat

  1. Gula

Salah satu makanan penyebab jerawat paling utama adalah gula. selain itu makanan yang kaya gula juga bisa memperparah jerawat dan efek paling buruknya membuat infeksi. Hal ini karena kadar insulin dalam tubuh meningkat sehingga hormon dan protein dalam tubuh akan berfluktuasi sehingga menimbulkan jerawat. Gantilah makanan yang kaya gula terutama gula buatan dengan buah dan sayuran.

  1. Susu

Banyak pakar kecantikan yang menyatakan susu berperan menimbulkan jerawat diwajah anda. hal ini disebabkan metabolisme tubuh akan terpengaruh sehingga membuat kadar hormon tidak stabil. Hormon dalam susu dan kalsium didalamnya bisa menjadi penyebab jerawat. Selain itu susu juga bisa membuat kelenjar minyak menghasilkan sebum yang lebih banyak sehingga menyumbat pori-pori wajah.

  1. Makanan dan minuman mengandung kafein

Banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein. Asupan kafein yang berlebih akan membuat adrenalin lebih terpacu sehingga tubuh rentan stress sehingga kulit mudah berjerawat. Selain itu minuman yang kaya kafein pada umumnya mengandung gula dengan kadar tinggi sehingga membuat jerawat lebih mudah muncul karena kadar insulin dalam tubuh meningkat.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan merupakan jenis makanan yang melalui beberapa proses sebelum siap dihidangkan. Contohnya dibakar, digoreng, dll. Proses inilah yang membuat kandungan enzim dan mineralnya menurun. Proses pengolahan yangt tidak benar membuat kualitas makanan tidak terjamin dan efeknya bisa menyebabkan kelenjar minyak pada wajah membesar dan wajah mudah berjerawat.

  1. Makanan cepat saji

Lemak jahat yang ada didalam makanan cepat saji membuat metabolisme tubuh terganggu. Efek jangka pendeknya wajah lebih mudah berjerawat. Selain itu badan menjadi mudah memiliki kandungan lemak yang tertimbun serta membuat bau badan menjadi tidak sedap. Selain itu dalam jangka panjang, junk food akan menyebabkan efek samping berbahaya seperti disfungsi ereksi dan diabetes.

Demikian beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang perlu anda ketahui. Maka dari sekarang bijaklah mengkonsumsi makanan diatas dalam porsi cukup. Atau jika perlu cobalah ganti makanan-makanan diatas dengan jenis yang lebih sehat.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *