®Khasiat Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan

®Khasiat Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan

Khasiat Buah Mengkudu Walaupun buah mengkudu memiliki bau yang tidak sedap, namun buah mengkudu ini memiliki banyak manfaat baik untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan zat baik didalamnya, beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah morinda diol, morindin, morindone, metil asetil,  damnacanthal, asam kapril dan sorandiyiol. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu sebagai pengobatan tradisional.

Khasiat Buah Mengkudu Sebagai Pengobatan

Mengatasi hipertensi

Masalah tekanan darah tinggi ternyata dapat diatasi dengan ramuan alami dari buah mengkudu. Khasiat buah mengkudu ini bisa kamu peroleh dengan cara, menyediakan 2 buah mengkudu yang sudah matang dan 1 sendok makan madu. Kemudian peras buah mengkudu untuk mengambil airnya, setelah itu campurkan dengan madu dan minum ramuan ini dua hari sekali.

Menyembuhkan batuk

Khasiat buah menngkudu lainnya adalah dapat mengobati batuk. Caranya, hanya dengan membuat ramuan 1 buah mengkudu dan setengah genggam daun poo.  Dari kedua bahan alami tersebut  direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Setelah itu saring airnya kemudian minum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Obat sakit perut

Khasiat buah mengkudu selanjutnya bisa dijadikan sebagai obat sakit perut. Jika kamu atau pun keluarga terkena sakit perut, ambil sekitar 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, selanjutnya ditumbuk sampai halus, kemudian ditambah garam dan seduh dengan air panas. Setelah dingin, kamu bisa menyaring airnya dan minum.

Mengobati sakit kuning

Beberapa bahan yang diperlukan untuk memperoleh khasiat buah mengkudu untuk mengobati sakit kuning adalah siapkan beberapa buah mengkudu yang sudah matang di pohon dan tambahkan dengan gula batu. Cara membuatnya adalah buah mengkudu yang sudah diperas untuk diambil airnya kemudian dicampurkan dengan madu sampai merata. Setelah itu saring airnya, minum dan ulangi cara ini 2 hari sekali.

Demam, masuk angin dan influenza

Khasiat buah mengkudu sebagai pengobatan ini salah satunya mampu mengatasi demam, masuk angin dan influenza.  Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah satu buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Selanjutnya kedua bahan alami tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tertinggal 1 gelas. Setelah dingin, kamu bisa menyaring airnya dan ramuan alami tersebut dimium 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Mengatasi kulit bersisik

Buah mengkudu yang sudah matang memang memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh. salah satu khasiat buah mengkudu adalah baik untuk kecantikan. Buah mengkudu dapat digunakan untuk  menghaluskan kulit. Caranya, kamu bisa menggosokkan buah mengkudu pada kulit bersisik sampai merata. Biarkan sekitar 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Itulah beberapa khasiat buah mengkudu ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0