Bukan Ngibul ini Khasiat Buah Mengkudu Dari Sisi Medis

Bukan Ngibul ini Khasiat Buah Mengkudu Dari Sisi Medis

Khasiat Buah Mengkudu Dari Sisi Medis, Walaupun memiliki bau dan rasa yang tidak sedap, buah mengkudu banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan buah mengkudu dipercaya dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam kondisi. Secara medis manfaat buah mengkudu ini masih diragukan. Masih perlunya penelitian lebih lanjut untuk menyatakan khasiatnya.

Khasiat Buah Mengkudu Dari Sisi Medis

Beberapa hasil penelitian yang dilakukan untuk menguji khasiat mengkudu menunjukkan hasil yang positif. Namun hal ini hanya berlaku pada hewan dan studi laboratorium. Sementara untuk manusia, penelitian dari buah mengkudu ini baru saja dimulai. Jadi hal ini belum terdapat pembuktian medis yang kuat untuk khasiat dari buah mengkudu untuk mengatasi berbagai kondisi manusia. Berikut ini informasi lebih jelasnya.

Kanker

Penelitian tahap awal yang merekomendasikan mengkonsumsi 6-8 gram buah mengkudu setiap hari. Hal ini mungkin saja dapat membantu tingkat energi dan penanganan rasa sakit pada panderita kanker stadium lanjut. Walaupun begitu, buah mengkudu ini belum terbukti memiliki dampak positif untuk ukuran tumor.

Meningkatkan stamina

Mengkonsumsi jus yang memiliki kandungan campuran buah mengkudu, anggur dan buah blackberry selama sekitar 21 hari dapat meningkatkan stamina pelari jarak jauh ketika sedang latihan.

Gangguan pendengaran

Pada hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus buah mengkudu sekitar 4 ons pada setiap hari selama sekitar 3 bulan tidak meningkatkan pendengaran pada wanita yang mengalami masalah gangguan pendengaran.

Mual dan muntah pasca operasi

Biasanya orang yang merasa mual dan muntah pasca operasi. Menurut penelitian, buah mengkudu dapat mengurangi mual pasca operasi. Namun sepertinya hal ini tidak berpengaruh untuk mengurangi gejala mual dan muntah.

Tekanan darah tinggi

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi sekitar 4 ons jus buah mengkudu setiap hari selama sekitar satu bulan, dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang memiliki masalah kondisi tersebut.

Osteoartritis

Mengkonsumsi sekitar 3 ons jus buah mengkudu setiap hari selama sekitar 5 bulan mampu mengurangi kebutuhan untuk mengkonsumsi obat pereda rasa sakit pada penderita osteoartritis.

Selain beberapa kondisi yang sudah dijelaskan diatas, penelitian lebih lanjut juga perlu dilakukan untuk kondisi kesehatan seperti sakit perut, batuk, diabetes, maag, konstipasi, masalah pada organ hati, infeksi, migrain, gangguan pencernaan, katarak mata, gangguan ginjal, asma, depresi, mengurangi tanda – tanda penuaan dan kondisi lainnya.

Perhatikan hal berikut ini sebelum mengkonsumsi buah mengkudu

Seperti halnya buah – buahan pada umumnya, buah mengkudu masih berbentuk buah yang aman untuk dikonsumsi, namun keamanan dari buah mengkudu ini masih diragukan ketika mengkonsumsinya dalam bentuk obat – obatan. Jadi langkah terbaiknya adalah mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah mengkudu baik dalam bentuk buah maupun obat secara teratur.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0