Waspadai Risiko Penyebab Stroke Sejak Dini

Waspadai Risiko Penyebab Stroke Sejak Dini

Penyebab stroke ringan hingga stroke berat pada usia muda dan tua umumnya hampir sama. Pada umumnya stroke bisa terjadi karena suatu  kondisi masalah kesehatan khusus atau kondisi tertentu yang dapat membuat kondisi tubuh menjadi memburuk. Stroke ini juga bisa terjadi pada saat bagian otak tidak memperoleh asupan nutrisi dan darah yang cukup dari jantung.

Tidak hanya itu saja, stroke juga bisa terjadi akibat terjadinya suatu penyumbatan pada bagian pembuluh darah. kondisi seperti ini bisa saja menjadi sangat buruk dan dapat membuat penderita stroke menjadi kehilangan kemampuan. Berikut ini beberapa penyebab stroke.

Waspadai Risiko Penyebab Stroke Sejak Dini

Kebiasaan merokok

Orang yang memiliki kebiasaan merokok sejak usia muda memiliki risiko terkena stroke. di dalam rokok sendiri memiliki berbagai macam zat kimia seperti nikotin, yang berbahaya apabila masuk kedalam tubuh melalui pembuluh darah. Zat  nikotin yang menumpuk pada pembuluh darah ternyata dapat menyebabkan terjadinya suatu penyumbatan atau plak  pada bagian pembuluh darah. hal ini dapat menghalangi kerja jantung pada saat memompa darah dan mengedarkan ke seluruh tubuh.

Konsumsi garam berlebih

Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi garam juga dapat menjadi salah satu hal yang berisiko dan menjadi penyebab stroke. garam dapat mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh dan menjadi penyakit tekanan darah tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu penyebab stroke.

Obesitas

Obesitas juga dapat menjadi penyebab stroke dan kondisi yang paling seringkali terjadi pada kebanyakan kasus. Masalah obesitas terjadi pada saat berat badan setidaknya lebih dari berat badan normal dan pengukuran tinggi badan. Obesitas juga  dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung.

Kebiasaan mengkonsumsi lemak berlebih

Kebiasaan buruk setiap hari mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak jahat juga dapat menjadi penyebab stroke. Pasalnya lemak yang menumpuk dalam tubuh memicu terjadinya kolesterol tinggi. efek buruk  dari kolesterol tinggi ini adalah mengalami stroke.

Kebiasaan mengkonsumsi gula berlebih

Kebiasaan sehari – hari mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula memang menjadi hal yang buruk untuk kesehatan. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan tubuh memiliki banyak gula halus yang diterima oleh tubuh dan kemudian disimpan dalam otot. Kelebihan cadangan gula dalam tubuh ini dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes, pasalnya tubuh kekurangan insulin. Kondisi diabetes ini tentunya dapat menjadi penyebab stroke, karena tubuh tidak mengalami metabolisme dengan baik.

Stres

Adanya suatu tekanan dan pikiran yang sangat berat dapat menjadi penyebab stroke. pada saat pikiran dan tekanan darah ini terjadi, hal ini dapat membuat jantung menjadi tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu, stres juga dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit jantung.

COMMENTS