Ternyata Ini Faktor Penyebab Resiko Penyakit Jantung

Ternyata Ini Faktor Penyebab Resiko Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung koroner adalah karena terjadinya penimbunan lemak dalam arteri (arteroma) atau disebut dengan aterosklerosis. Selain hal ini dapat mengurangi suplai darah menuju ke jantung, hal ini juga dapat memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Terjadinya penggumpalan darah ini dapat memblokir suplai darah menuju jantung, sehingga hal ini berisiko menderita serangan jantung yang lebih tinggi. ada beberapa faktor  yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, berikut ini informasinya.

Faktor Penyebab Risiko Penyakit Jantung

Kebiasaan merokok

Perokok memiliki resiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung. Hal ini dikarenakan karbon monoksida dalam asap rokok dan kandungan nikotin yang ada dalam rokok dapat meningkatkan risiko munculnya gumpalan darah dan memacu jantung untuk dapat bekerja lebih cepat, sehingga dapat membebani jantung. Senyawa kimia lain yang berasal dari asap rokok juga dapat merusak dinding arteri jantung yang dapat memicu terjadinnya penyempitan. Pada perokok memiliki risiko sekitar 24 persen lebih tinggi menderita penyakit jantung.

Pola hidup yang buruk

Resiko penyakit jantung juga dapat meningkat dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja karena kurang melakukan aktifitas olahraga, atau karena seringkali mengkonsumsi makanan berlemak dan jarang mengkonsumsi berbagai macam buah – buahan dan sayuran yang sehat.

Kadar kolesterol yang tinggi

Kolesterol terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Pada kolesterol jahat inilah yang mudah menggumpal dan menempel pada dinding pembuluh darah. hal ini dikarenakan kadar LDL yang tinggi dapat membentuk plak yang dapat menyebabkan aterosklerosis.

Hipertensi

Orang yang dianggap mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah pada mereka yang memiliki tekanan darah diatas 140/90 mmHg. Sedangkan pada tekanan darah rata – rata yang normal adalah 120/80 mm Hg. Terjadinya tekanan darah tinggi ini berarti membuat jantung akan bekerja lebih keras sehingga jantung dan pembuluh dara tidak lebih terbebani. Salah satu faktor yang memicu terjadinya hipertensi adalah mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi.

Penyakit diabetes

Diabetes juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan diabetes dapat menyebabkan terjadinya penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga memiliki potensi yang dapat menghambat aliran darah. oleh karenanya, penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Kelebihan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki potensi mengidap tekanan darah tinggi, hal ini yang membuat seseorang memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dan memiliki resiko terkena diabetes tipe 2. Oleh karenanya, mereka juga berisiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung.

Faktor usia

Jika semakin tua usia seseorang, hal ini akan dapat meningkatkan resiko tinggi untuk mengidap penyakit jantung. Pasalnya pembuluh darah, terutama pada arteri akan cenderung lebih kaku dan kehilangan daya elastisitasnya seiring bertambahnya usia.

COMMENTS