Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami, Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya dan pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung ini biasanya hadir bersamaan dengan beberapa jenis penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Walaupun penyakit jantung ini menyerang pada pria dan wanita, namun risiko ini meningkat pada wanita setelah menopause.

Ada banyak cara untuk mencegah penyakit jantung, misalnya saja dengan melakukan berbagai macam upaya. Berikut ini beberapa langkah pencegahan penyakit jantung yang bisa kamu lakukan.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Gaya hidup yang cenderung kurang sehat membuat kesehatan tubuh menjadi kurang terkontrol. Misalnya saja mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan masalah gaya hidup yang kurang sehat lainnya. Padahal untuk kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang penting, melakukan aktivitas olahraga setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Oleh karenanya, mengurangi risiko penyakit jantung menjadi salah satu hal yang sangat disarankan. Untuk dapat memulainya, kamu bisa melakukan beberapa cara mencegah penyakit jantung secara alami berikut ini.

Mengkonsumsi sepotong coklat

Percaya atau tidak, pada sebuat penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam dapat mencegah kesehatan jantung. Hal  ini kemungkinan disebabkan karena kandungan flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam yang dapat menjaga saluran arteri menjadi tetap fleksibel. Selain itu, sifat lainnya yang ada dalam coklat hitam juga dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat.

Hindari sleep apnea

Cara mencegah penyakit jantung secara alami ini adalah dengan menghindari dan menyembuhkan penyakit sleep apnea. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang seseorang ketika tertidur. Biasanya hal ini berdampak pada munculnya suara dengkuran dan cara menyembuhkanya tentunya harus berkonsultasi dengan dokter.

Mengkonsumsi makanan sereal kaya serat

Salah satu cara mencegah penyakit jantung secara alami lainnya bisa dengan mengkonsumsi sereal dengan kandungan serat tinggi, minimal pada empat kali dalam  satu minggu. Pada sebuah studi yang sudah diterbitkan di American Journal of Clinic Nutrition disebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi serat 23 gram pada setiap harinnya memiliki risiko terkena serangan jantung lebih kecil sekitar 23 persen dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 11 gram serat pada setiap harinya. Sedangkan pada pria, penelitian menunjukkan bahwa diet dengan mengkonsumsi serat tinggi dapat mencegah kemungkinan terkena serangan jantung mencapai 36 persen.

Mengkonsumsi teh

Teh hijau maupun teh hitam memiliki manfaat baik untuk mencegah penyakit jantung. Namun yang perlu diingat adalah, sebaiknya mengkonsumsi teh dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit jantung secara alami yang bisa kamu coba untuk menghindarkan tubuh dari risiko jantung. semoga bermanfaat.

COMMENTS