Permen Karet Bisa Bikin Sakit Diare

Apa Benar Permen Karet Bisa Bikin Sakit Diare, Yuk Kita Buktikan

Bangkit.co.id – Permen Karet Bisa Bikin Sakit Diare Jika kamu ingin menjaga kesehatan dan juga kebersihan gigi, mungkin dengan cara mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu saran yang terbaik. Tetapi jangan kebiasaan memakan permen karet dari sekarang ini, karena ternyata dengan cara mengunyah permen karet memiliki efek tidak sehat untuk perut kamu.

Mengunyah banyak sekali permen karet tidak akan baik, karena permen karet banyak mengandung sorbitol yang dapat bereaksi sebagai obat pencahar, menyebabkan perut menjadi kembung dan bahkan bisa terkena diare.

Bukan hanya itu saja, menurut beberapa penelitian pada tahun 2008 lalu yang sudah diterbitkan dalam jurnal BMJ yang menemukan bahwa mengkonsumsi banyak pemanis buatan seperti sorbitol bisa menimbulkan penyakit diare kronis, malnutrisi dan penurunan berat badan secara drastis.

Dalam penelitian lainnya yang sudah diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology pada tahun 1993 juga sudah membuktikan bahwa orang yang suka memakan permen karet akan mengalami perut kembung karena konsumsi sekitar 10 gram sorbitol, kram dan sakit diare sesudah mengkonsumsi 20 gram sorbitol.

Meskipun memang dampaknya tidak berlangsung dalam jangka panjang, tetapi cukup terasa mengkhawatirkan. Dan efek dari suka mengkonsumsi sorbitol pada setiap orang juga terlihat berbeda-beda. Jika pencernaan kamu lebih sensitif, maka kemungkinan efeknya akan lebih parah dan cepat sekali dirasakan. Jika kamu cuma sesekali saja memakan permen karet, maka efeknya mungkin tidak bisa kamu rasakan, asalkan jangan makan permen karet berlebihan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *