Tetntang Status Bilqis, Ayu Terancam Masuk Penjara

Tetntang Status Bilqis, Ayu Terancam Masuk Penjara

Selama ini Ayu Ting Ting merawat seorang diri buah hatinya yaitu Bilqis Khumairah Razaq tanpa bantuan mantan suami. Di sisi lain, sikapnya memicu permasalahan karena di anggap oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia menghalangi ayah dari Bilqis yaitu Henry Baskoro atau Enji untuk bertemu. Pihak KPAI pun lantas mengungkap perkembangan masalah ini.

“Untuk kasus mereka kita sangat prihatin karena dari pihak Ayu Ting Ting dan keluarga besarnya sampai hari ini belum memberikan respon yang positif. Kami juga belum bisa mengontak mereka,” ujar Erlinda kepala divisi sosialisasi KPAI, ditemui kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat.

Tidak mendapatkan respon positif dari Ayu Ting Ting, pihak KPAI meminta agar dilakukan tes DNA antara Ayu, Enji dan Bilqis. Penyebabnya karena muncul pernyataan yang menyebut bahwa Enji bukan ayah dari Bilqis.

“Karena yang dikatakan keluarga besar Ayu adalah Enji bukan ayah dari anaknya. Sebenarnya kami ingin mengklarifikasi langsung ke Ayu Ting Ting apakah itu benar diucapkan oleh keluarga besarnya atau hanya rumor. Ini harus di jelaskan. Kalau nggak bisa dijelaskan kami akan meminta informasi dari Enji dan kuasa hukumnya. Apakah kita nanti akan lakukan tes DNA atau jalan lainnya untuk memastikan,” tuturnya.

Sikap Ayu dan keluarganya yang tidak memperbolehkan Enji bertemu buah hati memiliki dampak hukum. Menurut pihak KPAI ada undang undang no 35 tahun 2014 yang menyebut orang tua wajib memberik nafkah, hak batin dan perlakuan yang sama kepada buah hati. Jika salah satu pihak menelantarkan, melakukan diskriminasi atau tidak memberi akses bertemu bisa saja mereka terjerat hukuman kurang lebih 3 tahun penjara.

“Karena kalau Ayu Ting Ting bersikeras menutup akses bertemu, dan ternyata anak ini benar anak kandung dari Enji, maka pidana yang berbicara,” tandasnya.

COMMENTS