Keunggulan Bluetooth 5.0

Keunggulan Bluetooth 5.0

Pada era ini, hampir semua handphone disertai Bluetooth. Fitur ini punya serangkaian fitur pintar, salah satunya memudahkan proses kirim file secara wireless. Fitur ini lebih efektif dibanding tekonologi terdahulunya yaitu infrared.

1. Cara Baru Berinteraksi

Teknologi ini punya kecepatan empat kali lebih baik, memungkinkan kamu bisa berkomunikasi lewat handsfree di jarak lebih jauh berkat dukungan bandwidth tinggi lebih dari 100 meter. Nggak cuma berkomunikasi lewat saluran konvensional, cara baru berinteraksi yang di tunjukkan Bluetooth 5 merujuk pada kemampuannya yang bisa terhubung ke lebih banyak perangkat di waktu bersamaan.

2. Internet of things (IoT)

Bukan cuma handphone, Bluetooth 5 juga bikin benda pintar di sekitar kita jadi lebih dekat. Di generasi sebelumnya, Bluetooth sebatas punya kemampuan sinkronisasi dengan speaker atau headphone. Peningkatannya, Bluetooth 5 bisa menghubungkan beberapa perangkat, seperti TV, vacuum cleaner, lampu, bahkan mobil dengan cepat dan mudah.

3. Lebih Cepat, Aman, dan Hemat daya

Generasi ke lima dari Bluetooth bergerak di gelombang 2,4 GHz yang jauh lebih luas ketimbang Bluetooth 4. Peningkatan lainnya adalah penggunaan koneksi hingga 8 kali lebih banyak dibandingkan standar lama. Soal keamanan, Bluetooth 5 juga punya kemampuan enkripsi tinggi karena memenuhi standar pertahanan pemerintah AS. Selain itu, adanya dukungan Bluetooth low energy (BLE) yang sudah ada sejak versi 4.0 bikin daya perangkat lebih awet meskipun dukungan kecepatan dan jangkauan jauh lebih tinggi.

4. Dimensi Baru Audio

Salah satu smartphone yang sudah menggunakan Bluetooth 5 adalah Samsung Galaxy S8. Di smartphone ini, kamu bisa menghubungkan dua headset Bluetooth bersamaan, tanpa penurunan kualitas. Sementara Sony punya teknologi LDAC yang sanggup mengirimkan audio lewat Bluetooth di kecepatan 990 kbps, di mana kecepatan transmisi ini sangat mudah diatur oleh Bluetooth 5.

COMMENTS