9 Tanda tanda Asam Urat Yang Wajib Anda Ketahui

Bangkit.co.id- Tanda tanda asam urat perlu kita ketahui semenjak dini, apabila sudah mulai terasa gejalanya, bisa langsung diatasi secepat mungkin. Asam urat merupakan salah satu penyakit yang umumnya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Walaupun pada zaman sekarang ini ada banyak juga orang dewasa sudah mulai merasakan gejala asam urat. Asam urat yaitu kondisi penyakit karena adanya proses penumpukan asam urat di dalam tubuh. Tanda tanda fisik asam urat yang berlebihan di dalam tubuh dapat mengakibatkan gejala yang tidak enak, biasanya terdapat pada area kaki dan jempol kaki.

Tanda tanda kena asam urat dari awal wajib kita perhatikan dengan serius. Asam urat yang tak terawat dapat mengakibatkan asam urat akut. Bila anda ingin tahu apakah terkena asam urat atau tidak, dibawah ini akan admin jelaskan mengenai ciri-ciri asam urat yang wajib anda ketahui. Mari kita simak penjelasan selengkapnya :

Tanda Tanda Gejala Asam Urat

  1. Jempol Kaki Terasa Nyeri

Rasa sakit di area jempol umumnya terjadi saat malam hari. Rasa sakit ini dalam arti rasa yang tidak nyaman di sekitar jempol kaki. Kadang hal ini dapat membuat penderita tidak dapat tidur, gampang emosi, jempol kaki tidak dapat digerakan, serta tubuh terasa sangat lemah. Tetapi, guna memastikan perihal asam urat tinggi atau tidak, hanya dapat dilakukan lewat tes kadar asam urat dalam darah.

  1. Kaki Terasa Terbakar

Tanda tanda asam urat di kaki yaitu kaki secara spontan kerap terasa begitu panas, hal ini karena kadar asam urat yang begitu tinggi di dalam darah. Rasa panas ini biasanya dimulai dari jempol kaki, lalu menjalar ke semua area. Tidak jarang, akibat rasa sakit dan panas yang dirasakan membuat penderita tidak bisa beristirahat dengan cukup. Rasa ini kadang hanya timbul sebentar saja, namun ada juga yang lumayan sering.

  1. Nyeri Sendi di Kaki

Tanda tanda awal asam urat yang kerap terjadi yaitu rasa tidak nyaman di area sendi. Biasanya para orang tua sering kita dengar mengeluhkan masalah sendi yang spontan terasa panas dan lemah bila digerakkan. Kadang rasa sakit ini muncul saat malam hari.

  1. Mengeras Jaringan Persendian

Buat seseorang yang sudah biasa mengalami tanda tanda asam urat level tinggi, dia wajib memperhatikan situasi sendi tubuh. Beberapa gejala yang perlu mendapatkan perhatian yaitu bagian sendi yang sedang sakit atau kaku. Bila tidak memperoleh pengobatan yang benar maka dapat menyebabkan sendi mati rasa, dalam kondisi terparah bisa menyebabkan kelumpuhan.

  1. Persendian Bengkak

Sendi-sendi mengalami bengkak karena adanya penumpukan asam urat di area tersebut. Asam urat ini dibawa oleh darah ke area sendi. Akan tetapi, gejala sendi membengkak umumnya muncul saat serangan asam urat kerap terjadi. Orang yang usianya sudah lanjut yang mempunyai penyakit lain seperti diabetes dan sebagainya.

  1. Terasa Gatal dan Bersisik Disekitar Persendian

Sendi yang terasa panas kadang dibarengi oleh bersisiknya permukaan  kulit, gatal, serta kemerahan. Saat kulit sendi menjadi keras maka kadar asam urat wajib diatasi. Bila tidak maka gejala akan semakin memburuk dan bisa menjalar ke area sendi lainnya.

  1. Sendi Berwarna Kemerahan

Rasa seperti terbakar di area sendi dapat mengakibatkan sendi nampak  kemerahan. Pada umumnya hal ini merupakan gejala yang komplek. Sendi yang membengkak, sendi kaku serta terdapat warna kemerahan di area sendi adalah tanda seseorang terkena asam urat level tinggi.

  1. Sendi Tidak Bisa Digerakkan

Apabila sendi tidak dapat digerakan secara bebas, anda perlu melakukan perawatan guna mengkondisikan kadar asam urat di dalam tubuh. Tanda tanda asam urat tinggi ini bila  tidak ditangani secara intensif maka hal ini dapat bertambah parah serta berpotensi mengalami kelumpuhan.

  1. Tidak Bisa Bergerak dengan Bebas

Akibat sendi mengalami masalah karena menumpuknya asam urat maka lama-lama sendi tidak dapat bergerak secara bebas lagi, sendi yang susah digerakan secara bebas umumnya area kaki, hal ini merupakan salah satu tanda tanda asam urat kambuh. Dalam kondisi terparah dapat menjalar ke sendi lain seperti jari kaki dan pergelangan tangan.

Baca Juga: 

Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Yang Menyebabkan Asam Urat Naik

5 Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami, Layak Dicoba

Waktu Ciri-Ciri Asam Urat Muncul

Umumnya tanda tanda asam urat tingkat tinggi timbul sewaktu-waktu. Akan tetapi seringnya gejala ini terjadi saat malam hari, antara 3 -11 hari. Sehabis itu, lakukanlah perawatan yang benar, sehingga gejala ini akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi kebanyakan orang yang pernah mengalami serangan asam urat level tinggi kemungkinan bisa mengalami kembali. Perawatan yang kurang benar justru dapat mengakibatkan gejala sering timbul kembali.

Berdasarkan ulasan diatas, semua orang memiliki kemungkinan untuk terkena asam urat tingkat tinggi. Tanda-tanda asam urat dan cara mengatasinya bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat resiko terkena asam urat, salah satunya yaitu dengan menjalankan pola diet dan mengkonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *