Makanan yang menyebabkan asam urat

Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Pantangannya

Bangkit.co.id Makanan untuk penderita asam urat harus anda perhatikan detailnya, jangan sampai salah dalam memilih makanan yang justru dapat memperparah kondisi asam urat anda. Asam urat merupakan penyakit yang harus kita waspadai, karena walaupun tidak mematikan tetapi dapat menyebabkan kelumpuhan organ tubuh.

Pada dasarnya pola hidup tidak sehat menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Mencegah asam urat dari sekarang tentu harus dilakukan. Namun bila Anda sudah terkena asam urat jangan putus asa dulu, mulai dari sekarang segeralah rubah pola hidup yang sedang anda jalani, mungkin ada yang salah dengan kebiasaan anda selama ini.

Makanan Aman Untuk Penderita Asam Urat

Cara merubah pola hidup yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita asam urat tinggi. Lantas apa saja makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita asam urat? Mari kita simak dibawah ini :

  1. Buah Apel

Buaha apel mempunyai khasiat untuk menetralisir kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, karena di dalamnya terkandung asam malat. Bila Anda telah menderita asam urat, dianjurkan untuk mengonsumsi apel sehabis makan nasi. Buah ini dapat anda konsumsi dalam keadaan segar atau dibuat minuman jus. Disamping terkandung asam malat, apel juga memiliki anti oksidan tinggi yang dapat mengeluarkan racun didalam tubuh.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai rasa khas yang asam, namun dibalik rasa asam itu, jeruk nipis memiliki khasiat untuk mengatasi asam urat. Hal ini karena di dalamnya terkandung asam sitrat, yang memiliki peran untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Caranya yaitu, peraslah jeruk nipis lalu airnya diminum secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Namun buat Anda yang mempunyai penyakit maag berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu.

  1. Makanan Berserat

Makanan berserat untuk penderita asam urat sangat dibutuhkan. Karena selain cepat mengenyangkan juga dapat membantu Anda menstabilkan asam urat dalam tubuh. Hal ini karena serat bisa menyedot asam urat di dalam tubuh lebih baik dan maksimal. Sehabis itu kadar asam yang sudah diserap akan dibuang lewat ginjal. Jenis makanan bagi penderita asam urat yang berserat yaitu brokoli, oats, pir, wortel dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Yang Menyebabkan Asam Urat Naik

Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Asam Urat

Selain memperhatikan makanan yang baik untuk asam urat. Penderita juga harus tahu juga pantangan makanan untuk penderita asam urat. Bila anda tetap membandel untuk mengonsumsi makanan yang dilarang tersebut, maka bersiaplah untuk memperoleh penyakit asam urat yang lebih parah lagi. Lalu apa saja makanan yang wajib anda hindari? Beberapa makanan yang harus anda pantangi dan hindari adalah sebagai berikut :

  1. Makanan Olahan

Makanan yang bahaya untuk penderita asam urat yaitu, berbagai macam jenis daging dan olahannya harus dihindari. Hal ini karena makanan ini didalamnya terkandung kadar garam yang sangat tinggi.

  1. Buah Melinjo dan Olahannya

Buah melinjo tidak dianjurkan untuk dimakan oleh para penderita asam urat yang tinggi. Apapun bentuknya baik buahnya ataupun hasil olahannya seperti emping.

  1. Sayuran Tinggi Purin

Sayuran yang tinggi kandungan purin seperti, kangkung dan ayam serta beberapa jenis sayuran lainnya yang tidak direkomendasikan untuk anda makan. Karena zat purin ini bisa menjadi pemicu naiknya kadar asam urat di tubuh.

Disamping memperhatikan asupan makanan, ada baiknya anda secara rutin periksakan kesehatan tubuh ke dokter. Dengan begitu, kadar asam urat di tubuh dapat segera diketahui. Karena dengan mengonsumsi obat saja bagi penderita belumlah cukup, sehingga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Asam urat pada dasarnya bisa hinggap di siapa saja, tidak perduli wanita atau pria, tua ataupun muda. Namun penyakit ini dapat di antisipasi dari sekarang. Salah satu caranya adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat.

Demikian informasi tentang makanan untuk penderita asam urat dan semoga dapat memberikan informasi manfaat. Selamat mencoba!

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *