4 Buruh Cina Ditangkap di Kediri Saat Jualan HP

4 Buruh Cina Ditangkap di Kediri Saat Jualan HP

Bangkit.co.id—Empat dari lima WNA asal Cina ditangkap Petugas Imigrasi Kelas II Kediri saat berjualan handphone. Keempat pekerja itu, menurut Prio Widjanarko berasal dari Tiongkok dengan inisial ZYB, WB, TJS da HZZ.

Saat ini keempatnya sedang berada dai ruang tahanan Imigrasi untuk menjalani pemberkasan. Prio mengatakan, “Kita masih BAP mereka dan dilakukan penahanan.

Sementara satu yang lain, yaitu WX telah diberikan izin Polisi untuk pulang, namun tidak diperkenankan meninggalkan Kediri atau degan kata lain menjadi tahanan kota sampai proses penyidikan selesai. Jaminan juga telah diterima Kantor Imigrasi terkait pekerja itu dari  perusahaan yang mempekerjakannya.

Saat ini penyidikan terhadap empat WNA ini masih dilakukan. Pihak kepolisian juga tela memeriksa semua berkas miliki mereka yang disimpan di rumah kontrakan. Polisi juga telah memeriksa pemilik perusahaan yang mempekerjakannya. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Polisi, perusahaan di mana mereka bekerja adalah perusahaan telepon seluler yang menawarkan barang-barang di wilayah Kediri.

Pemeriksaan kepada gerai tersebut adalah untuk semakin meyakinkan penyidik, apa sebenarnya kegiatan WNA itu di Indonesia. Berdasarkan visa yang mereka miliki, keempatnya datang ke Indonesia untuk berwisata. Sementara itu, keempat warga Cina itu justru bekerja. “Mereka juga menyangkal beberapa dokumen yang kita ajukan,” ucap penyidik.

Awal terbongkarnya kasus ini adalah ketika tersebarnya sebuah video di mana pekerja asing menawarkan telepon di sebuah gerai. Diam-diam, pemilik gerai merekam mereka yang berbicara dengan bahasa Mandarin. Dari keterangan dalam video itu, penyidik lalu melakukan pelacakan dan penangkapan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0