25 Orang Tewas Akibat Bom Gereja di Mesir

Bangkit.co.id—Berita mengagetkan tiba-tiba terdengar dari Mesir. Sebanyak 25 orang meninggal dunia akibat bom meledak di sebuah Gereja yang berlokasi di Kairo Mesir. Peristiwa ini terjadi pada Minggu, 11 Desember 2016 pada pukul 10.00 waktu setempat. Ledakan tersebut terjadi tepat sebelum jama’ah melakukan ibadah.

Berdasarkan penuturan saksi, Emad Shoukry, salah satu jemaat gereja tersebut, bom meledak tepat setelah para jamaah dipanggil masuk ke dalam gereja oleh pendeta. Seketika, suara bom menggelegar dan menggoncang seluruh isi gereja, jamaah pun langsung berteriak.

Seperti yang diberitakan Reuters pada Ahad 11 Desember 2016,  “Tak lama setelah pendeta memanggil kami untuk bersiap ibadah, ledakan tersebut terjadi,” ujar Emad.

Emad juga menuturkan bahwa tak lama setelah bom meledak, debu-debu berterbangan memenuhi ruangan sehingga membuat orang panik. Ia bahka berhasil keluar dari gereja dengan cara meraba-raba.

“Saya mencari pintu, meski tidak melihat apapun,” ucapnya. Di tengah teriakan para korban dan menyaksikan banyak yang berjatuhan di lantai, ia berhasil sampai di pintu.

Sebanyak 25 korban dilaporkan meninggal dunia. Enam diantaranya adalah anak-anak. Sementara korban luka-luka lain berjumlah 49 orang.

Pusat ledakan berada di lokasi peribadatan wanita, oleh sebab itu, sebagian besar korban meninggal didominasi wanita dan anak-anak. Menurut pihak keamana, pelaku bom menggunakan bahan peledak dengan berat 12 kilogram.

Gereja tersebut merupakan milik jamaat Kristen Ortodoks. Seperti diketahui, komunitas Kristen Ortodoks merupakan yang paling besar di Timur Tengah. Tercatat sebanyak 10 persen dari 90 juta warga mesir.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *