Ilustrasi dan Tulisan Tangan J.K Rowling Dilelang

Bangkit.co.id—Novelis sukses pencipta karakter Harry Potter, J.K Rowling diberitakan telah melelang buku bersejarah miliknya. Buku tersebut merupakan buku tulisan tangan dengan ilutrasi sendiri oleh J.K Rowling yang kemudia dilelang di balai lelang Sotheby’s, London, Inggris.

Seperti yang diberitakan Reuters, buku tersebut merupakan satu dari enam kopi tulisan dan ilustrasi J.K Rowling sendiri yang sedianya merupakan hadiah kepada yang membantu menghidupkan karakter Harry Potter hingga mendunia dan popular saat ini.

Lelang akan mulai dilaksanakan pada Selasa, 13 Desember 2016. Harga buku langka tersebut diperkirakan sebesar US$378.000-US$30.000 atau sekitar Rp5-10 miliar.

Sebenarnya pada tahun 2007, J.K Rowling sempat membuat salinan ketujuh dari buku tersebut untuk dilelang sebagai pengumpulan dana bagi badan amal miliknya, Lumos. Saat itu, buku tersebut terjual hingga 1,95 juta poundsterling atau sekitar Rp32 miliar.

Buku yang berjudul The Tales of Beedle the Bard merupakan satu dari lima dongeng sihir yang diberikan kepada Harry Potter dari Albus Dumbledore pada seri teakhir novelnya, “Harry Potter and the Deathly Hallows.”

Sebelumnya, manuskrip tulisan tangan tersebut diperuntukkan kepada editor Barry Cunningham. Ia merupakan orang pertama yang mengajak Rowling untuk menerbitkan novel pertamanya, “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”. Oleh sebab itu, dalam buku tersebut, secara khusus J.K Rowling memeberikan terstimoni dan dedikasi pribadinya.

“Yang satu ini berisi tulisan terima kasih untuk Barry,” ucap Philip Errington, spesialis manuskrip dari Sothby’s.

“Ada tulisan,’Untuk Barry, pria yang berpikir novel panjang tentang anak laki-laki penyihir berkacamata mungkin akan laku,”  yang merupakan petikan informasi menarik tentang para penulis dan editor dari buku tersebut.”

Bungkus buku special tersebut terbungkus dengan kulit cokelat khas Maroko, dilengkapi dengan ornament perak dan gambar tengkorak di bagian tengah. Terdapat pula tujuh batu rhodochrosite.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *