Pilot Heli TNI Yang Jatuh Dua Pekan Lalu Ditemukan Selamat

Pilot Heli TNI Yang Jatuh Dua Pekan Lalu Ditemukan Selamat

Bangkit.co.id–Setelah dua pekan pencarian, akhirnya pilot helikopter TNI AD yang jatuh di Malinau, Kalimantan Utara pada 24 November 2016 ditemukan oleh warga dalam keadaan selamat diantara Desa Long Sulid ke Desa Long Berang.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI Mohamad Sbrar Fadhilah mengatakan pada 9 Desember 2016, “Ditemukan oleh masyarakat di dekat sungai.”

Saat ditemukan, pilot yang bernama Letnan Satu CPN Yohanes Syahputra pada Kamis, 8 Desember 2016 dalam keadaan selamat namun mengalami luka-luka di bagian tangan, pinggang dan kaki.

Pada saat terjatuh, pesawat helikopter ini mengangkut tiga empat penumpang termasuk Kapten Yohanes. Tiga penumpang lain telah ditemukan tewas pada 29 November 2016. Ketiganya adalah Letnan Satu Ginas Sasmita Aji, Sersan Satu Bayu Sadeli Putra, dan Prajurit Kepala Suyanto.

Berdasarkan keterangan Fadhilah, Kapten Yohanes ditemukan masih dalam wilayah hutan. Rencananya, untuk evakuasi akan digunakan pesawat udara. “Karena lewat darat tidak bisa pakai kendaraan, harus berjalan kaki sekitar 7-8 jam,” ucapnya.

Pesawat berjenis Helli Bell 412 EP miliki TNI Angkatan Darat mengalami kecelakaan saat terbang dari Bandar Udara Juwata Tarakan menuju Long Bawan, Malinalu, Kalimantan Utara. Pesawat tersebut hendak mengirim logistik kepada pasukan pengamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia. Sebelum ditemukan jatuh, pesawat ini sempat hilang kontak.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *