Grammy Awards Kembali Masukkan Nama Joey Alexander

Grammy Awards Kembali Masukkan Nama Joey Alexander

Bangkit.co.id—Joey Alexander kembali membanggakan nama Indonesia di kancah musik International. Setelah tahun lalu tampil dalam ajang penghargaan musik bergengsi internasional, Grammy Awards, tahun ini ia kembali menjadi salah satu nominasi penerima penghargaan tersebut dalam kategori Improvised Jazz Solo. Melalui lagu Countdown, saat Joey yang berusia 13 tahun disebut  menjadi kandidat terkuat untuk meraih piala Grammy Awards 2017.

Untuk wilayah Asia, nama Joey bersandingan dengan penerima 16 penghargaan Grammy, pemain selo Yo-Yo Ma. Nominasi ini diterima Joey berkat kolaborasinya dengan rapper Brandon Paak Anderson dan Silk Road Ensemble.

Selain itu, beberapa nominasi lain adalah lagu I’m Sleep When I’m Dead yang merupakan dokumenter dari musikus Steve Aoki dalam kategori film musik terbaik.

Kisah awal mula ketenaran nama Joey di dunia internasional adalah saat tahun videonya di Youtube membuat Whynton Marsalis dan beberapa pengamat jazz lain mengundang Joey untuk tampil dalam acara jazz at Lincoln Centre pada 2014. Marsalis lah yang dianggap paling berpengaruh dalam membantu karir Joey.

“Saya adalah musikus otodidak,” ucap Joey saat diwawancarai media internsional NBC pada 2014 dikutip dari NBCnews.com (8/12/2016).

Prestasi Joey pun lalu meroket, Albumnya My Favorite Things yang rilis pada 2015 berhasil masuk dalam urutan 174 lagu Billboard. Dengan itu, Joey merupakan orang Indonesia pertama yang berhasil tembus daftar tangga lagu dunia itu.

Bahkan penampilan Joey pada acara Grammy Awards tahun 2016 mampu mengundang decak kagum dari para pendegar. Ia mendapat banyak standing ovation dan menjadi bahan pembicaraan disana pada malam itu.

Meskipun pada tahun Grammy Awards 2016 dimana lagunya masuk dalam nominasi improved jazz solo dan best jazz instrumental album tidak mampu membawa pulang satu piala Grammy, ia tetap mencuri banyak perhatian para musikus jazz dunia. Adalah bukan sembarangan orang yang bisa tampil dalam panggung malam penghargaan Grammy sebanyak dua kali.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *