Korban Meninggal Dunia Bertambah 52 Orang Akibat Gempa Aceh

Korban Meninggal Dunia Bertambah 52 Orang Akibat Gempa Aceh

Bangkit.co.id—Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Bencana (BNPB) mengatakan bahwa korban jiwa yang ditimbulkan semakin bertambah yaitu 52 orang.

“Sampai dengan 13.10 WIB, total korban meninggal dunia sejumlah 52 orang dan luka berat sudah mencapai 73 orang,” ucapnya saat konferensi pers (7/12/2016).

Gempa 6,4 skala richter yang berlangsung selama 15 detik pada waktu Subuh itu paling sedikit telah memberikan luka-luka ringan terhadap 200 orang. Bangunan-bangunan di beberapa tempat pun dilaporkan mengalami kerusakan parah.

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, sekitar 105 ruko roboh, 125 rumah roboh, 1 rumah sakit rusak, 14 masjid runtuh dan 1 sekolah rusak parah. Data tersebut juga masih diperkirakan akan terus bertambah.

Korban meninggal dunia paling banyak dilaporkan berasal dari Kabupaten Pidie, Aceh, yaitu sebanyak 50 orang.  Dari jumlah tersebut terdapat empat anak-anak dan usia lanjut. Sementara dua orang lain berasal dari Kabupaten Biruen dan 78 lainnya luka berat.

BNPB juga melaporkan tiga korban yang telah teridentifikasi adalah Abdul Ghani berusia 80 tahun, Mutiarawati, Sofyan, dan Fathir. Sementara satu korban luka-luka teridentifkasi bernama Sukri.

Untuk membantu evakuasi korban, BNPB telah mengirim 2 helikopter ke lokasi. Beberapa pejabat BNPB juga sudah bertolak ke lokasi langsung ke Aceh untuk memimpin evakuasi langsung. Saat ini masuh diduga banyak korban yang masih belum ditemukan.

COMMENTS