Terjual Rp 5,5 Miliar, Kamera Nikon Kuno Di Lelang di Wina

Terjual Rp 5,5 Miliar, Kamera Nikon Kuno Di Lelang di Wina

Bangkit.co.id – Sebuah lelang di Wina, Austria berhasil menjual 1 unit Nikon One dengan harga US$ 406 ribu atau senilai Rp 5,5 miliar. Harga ini naik dua kali lipat dari perkiraan semula.

Nikon One merupakan salah satu kamera tertua produksi ketiga Nikon yang masih ada sampai sekarang.

Memulai bisnis pada tahun 1917 sebagai perusahaan optik, Nippon Kogaku KK, perusahaan ini dengan memproduksi lensa. Bahkan pada 1930-an, perusahaan ini juga sempat mengerjakan bodi kamera Canon. Hingga pada 1948, Nikkon mulai membuat kamera sendiri dengan produk pertamanya One atau I. Produk pertama ini diproduksi kurang dari 1000 unit.

Walupun belum banyak yang bisa dilakukan kamera awal ini, kamera ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sejarahnya. Awalnya, Nikon hanya menggunakan film nonstandard yang membuat daya tariknya terbatas. Namun pada produksi setelahnya, kamera jenis ini telah banyak dilakukan perbaikan.

Yang mencolok dan membuat kamera ini berharga mahal adalah ukiran tulisan “MADE IN OCCUPIED JAPAN”. Tulisan ini menjadi pengingat yang penting di mana kamera ini dibuat.

Awalnya, kamera ini diperkirakan akan terjual dalam harga 90 ribu pounds atau Rp 1,3 miliar dengan capaian maksimal 180 ribu pounds atau Rp 2,6 miliar. Tetapi saat di lelang, kamera ini berhasil terjual 2 kali lipat yaitu 384 ribu pounds atau Rp 5,5 miliar termasuk premi dan biayanya.

Acara lelang ini digelar di WestLicht Photograpica Auction, Wina, Austria.

COMMENTS

WORDPRESS: 0