32 Paus Terdampar 8 Mati dan 24 Bisa Dikembalikan Kelautan Luas

32 Paus Terdampar 8 Mati dan 24 Bisa Dikembalikan Kelautan Luas, Warga Probolinggo dihebohkan dengan terdamparnya puluhan ikan paus hari ini, Total ada 32 yang terdampar di Desa Randu Pitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur pada Rabu (15/6/2016). Sisanya, sebanyak delapan ikan paus tewas karena kekurangan oksigen.

paus

Diantara 32 ikan paus yang terdampar diberitakan 24 bisa diselematkan tapi ada 8 ekor paus yang mati karena kekurangan oksigen, Puluhan ikan paus ini terdampar diperkirakan karena Cuaca ekstrim. Menurut dia, pihaknya bersama sejumlah petugas dari berbagai pihak dan masyarakat setempat melakukan evakuasi untuk menggiring ikan paus ke tengah perairan sejak Rabu (15/6) malam, namun masih saja ada ikan paus yang kembali ke pesisir pantai.

“Kami melakukan evakuasi menggiring puluhan paus ke tengah laut hingga Kamis dini hari, namun pada pagi hari ternyata masih ada 10 ikan paus yang kembali terdampar dan kondisinya sudah nyaris mati yang tersebar di sejumlah pantai,” katanya.

Ia menjelaskan sejumlah peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) datang ke lokasi terdamparnya ikan paus dan masih melakukan penelitian terhadap bangkai paus yang mati tersebut untuk mengetahui penyebab kematian paus pilot itu.

“Setelah proses penelitian selesai, maka bangkai paus akan dikuburkan di sekitar pesisir pantai terdamparnya ikan paus tersebut,” katanya menambahkan.

Sementara Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo BKSDA Jatim Andik Sumarsono mengatakan petugas terus melakukan pemantauan di pesisir pantai Probolinggo yang menjadi lokasi terdamparnya puluhan ikan paus tersebut.

“Kami terus pantau, agar tidak ada lagi ikan paus yang terdampar di sana. Kalau ada ikan paus yang terdampar, maka upaya evakuasi menggiring ke tengah laut bisa dilakukan secepatnya,” tuturnya.

BPBD Kabupaten Probolinggo melaporkan ke posko BNPB bahwa penanganan ikan laut terdampar dilakukan dengan hati-hati.

BPBD membantu instansi yang berwenang dalam penyelamatan ikan paus.

Masyarakat banyak berdatangan melihat ikan laut terdampar. Saat air laut pasang maka 24 ekor ikan paus berhasil dilepas ke laut dengan selamat.