Penjelasan Para Ahli: Hubungan Kafein Dengan Kesuburan Wanita

Penjelasan Para Ahli: Hubungan Kafein Dengan Kesuburan Wanita

Hubungan Kafein Dengan Kesuburan Wanita – Apakah anda pecinta kopi? atau minuman berkafein lainnya? tidak ada yang salah anda mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein, selama masih di bats normal. Kafein aman dikonsumsi manusia dengan kadar 250 gram atau tiga cangkir kopi sehari.

Namun bagi anda yang sedang mencoba program hamil, sebaiknya hindari kafein, karena sudah cukup banyak poenelitian yang menyatakan bahwa kafein berpengaruh pada kesuburan. Kebiasaan minum minuman berkafein bisa menjadi salah satu faktor mengapa Anda belum hamil juga.

Hubungan Kafein Dengan Kesuburan Wanita

Sebuah penelitian oleh tim pakar kesehatan reproduksi asal Amerika Serikat menguak bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir per hari, memiliki peluang untuk hamil sangatlah kecil di bandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi kopi sebanyak satu cangkir per harinya.

Di Amerika serikat sebuah tim dari University of Nevada, mencoba melihat kesuburan dan pengaruh kafein secara langsung. Para ahli melakukan eksperimen melalui media tikus. Hasil dari ekperimen tersebut, ketahui bahwa kafein bisa menghambat kerja sel-sel khusus pada tuba falopi wanita.

Sel tersebut seharusnya mendorong laju sel telur yang sudah dibuahi menuju rahim melalui tuba falopi. Karena hambatan tersebut, sel telur pun mungkin tidak bisa mencapai rahim atau mengalami kerusakan saat masih berada dalam saluran tuba falopi.

Hal tersebut tentu membuat kehamilan jadi lebih sulit. Namun, peneletian teresebut belum dilakukan pada manusia. Dan ini menjadi perdebatan hangat di antara para ahli kandungan dan ahli gizi.

Beberapa minuman dan makanan yang mengandung kafein selain kopi.

– Minuman bersoda
-Kopi Decaf
-Coklat
-Es krim
-Pil Diet
-Kuaci Bunga Mtaahari
-Teh
-Minuman Berenergi
-Permen penyegar nafas
-Pil pereda nyeri

Bagi anda dan pasangan yang sedang mencoba untuk hamil, alangkah baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *