Posisi tidur Nyaman dan Aman Yang Perlu Calon Ibu Ketahui Saat Hamil

Posisi tidur Nyaman dan Aman Yang Perlu Calon Ibu Ketahui Saat Hamil

Saat hamil salah satu yang perlu ibu adalah posisi tidur ibu hamil. Selama kehamilan ibu mengalami banyak perubahan terutama berhubungan dengan masalah posisi saat tidur. Pada trimesterpertama,banyak ibu hamil yang mengalami berbagai gangguan dikarena perubahan hormon.Seperti sakit punggung, kram perut, lelah, mual, pusing dan berbagai gangguan lain.

Hal ini juga dipengaruhi dengan beberapa keluhan lain yang berhubungan dengan kecemasan dan tekanan pikiran. Karena itulah ibu hamil selalu merasa tidak bisa tidur dan mereka merasa kehilangan waktu tidur yang cukup, dan kwalitas tidur pun berkurang.

Posisi Tidur Yang Aman dan Nyaman Untuk Ibu Hamil

1. Hindari posisi telentang

Ibu hamil di anjurkan untuk tidak tidur dengan posisi telentang, terutaman setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua, yang otomatis perut semakin membesar di trimester kedua. Tekanan pada pembuluh darah besar, yaitu aorta dan vena cava inferior, bisa meningkat bila ibu hamil tidur dalam posisi telentang. Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin.

2. Tidur miring ke kiri

Tidur dengan posisi miring kekiri sangat di anjurkan oleh sebagian ahli. Hal ini bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Posisi tidur miring ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Hal itu karena posisi tersebut membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh. Bila ginjal menahan cairan dan zat sisa, ibu hamil bisa mengalami pembengkakan atau edema. Selain itu,tidur miring ke kiri membuat lambung berada pada posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan.

3.Bantal teman tidur yang nyaman

Dengan semakin bertambahnya usia kehamilan, perut akan semakin membesar menjadikan Posisi tidur ibu hamil terasa tidak nyaman. Ibu bisa menggunakan bantal untuk membantu mendapatkan posisi yang lebih nyaman.

Tips Menggunakan Bantal Agar Nyaman Untuk Ibu Hamil :

– Letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada, bila ibu hamil merasa sesak napas atau napas terasa berat,

– Bila ibu hamil merasakan nyeri pada ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

– Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik.

– Anda dapat meletakkan bantal di bagian samping perut dan di antara kedua tungkai atau lutut untuk menyangga tubuh dalam posisi menyamping ke kiri. Ibu hamil juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Pada dasarnya, masalah sulit tidur semakin terasa sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan Bunda.Selamat mencoba beberapa tips posisi tidur yang aman dan nyaman untuk ibu hamil di atas.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *