Ada Rencana Turunkan Berat Badan? Kamu Perlu Coba Diet Telur Asin

Ada Rencana Turunkan Berat Badan? Kamu Perlu Coba Diet Telur Asin

Tubuh langsing dengan perut rata memang menjadi idaman semua orang, kaum wanita khususnya. Berbagai usaha di lakukan untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Mulai dari diet yang menyiksa, minum obat pelangsing, sampai ada yang rela merogoh kocek lebih untuk melakukan sedot lemak.

Ada banyak metode diet yang sedang buming sekarang ini, salah satu diet yang tergolong mudah dan enak adalah dengan diet telur asin. Orang Indonesia pasti tahu yang namanya telur asin. Telur asin merupakan salah satu olahan dari telur yang diasinkan.

Biasanya, telur yang digunakan untuk membuat telur asin adalah telur bebek dikarenakan pori-pori cangkang yang lebih besar yang memudahkan dalam proses pengasinan. Selain dikonsumsi sebagai lauk maupun penganan, telur asin yang kaya akan nutrisi ini konon juga berguna untuk diet.

Berikut merupakan informasi kandungan gizi yang terdapat dalam telur asin yaitu sebagai berikut.

Kandungan Nutrisi Telur Asin per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
energi 195 kkal
Protein 13,6 gr
lemak 13,6 gr
karbohidrat 1,4 gr
kalsium 120 mg
fosfor 157 mg
zat besi 2 mg
Vitamin A 841 IU
Vitamin B1 0,28 mg
Vitamin C 0 mg

Telur Asin untuk Diet

Dalam sebutir telur asin rebus, kira-kira terdapat sebanyak 195 kkal. Kandungan kalori yang cukup tinggi dalam telur asin ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu Anda dalam program diet.Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pad 160 orang (pria dan wanita), dibagilah dua kelompok secara acak dengan 80 orang mengganti sarapan mereka dengan telur rebus dan 80 lainnya memakan bagel dengan kedua level kalori dan lemak keduanya sama.

Orang yang mengganti sarapan dengan telur mengalami penurunan berat badan lebih banyak, setidaknya 65% lebih besar dibandingkan dengan orang yang mengganti sarapannya dengan bagel. Kebutuhan kalori rata-rata perhari adalah 2000kkal, jika dalam sehari orang makan sebanyak tiga kali, makan dibutuhkan 666 kkal dalam sekali makan. Jika dalam satu kali makan di ganti dengan mengkonsumsi telur asin dengan jumlah kalori 195 kkal, makan jumlah asupan kalori anda akan berkurang sebanyak 471 kkal.

Namun banyak yang mempertanyakan tentang resiko kolesterol tinggi jika melakukan diet telur asin rebus. Namun anda pelaku diet tidak perlu terlalu khawatir, karena menurut penelitian Nikhil V. Dumadhar menyatakan lemak darah atau kolesterol tidak akan terpengaruh dengan konsumsi telur rebus setiap pagi.

Kadar kolesterol HDL, LDL dan tigliserida juga bervariasi dengan konsumsi telur rebus maupun bagel. Selain itu, orang dewasa yang sehat juga dapat menikmati sarapan telur asin rebus untuk diet tanpa khawatir akan resiko stroke maupun penyakit jantung akibat kolesterol tinggi.

Anda bisa mencoba diet telur asin, tanpa rasa khawatir, diet pun tidak menyiksa dan enak. Selamat mencoba !

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *