Kenapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Hp Xiaomi 4X, Redmi 3 Cepat Panas

Kenapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Hp Xiaomi 4X, Redmi 3 Cepat Panas

Kenapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Hp Xiaomi 4X, Redmi 3 Cepat Panas – banyak yang mengeluhkan hp Xiaomi cepat panas saat digunakan, sebenarnya bukan hanya Xiaomi saja yang mengalami masalah ini, semua ponsel android memang cepat panas, bukan hanya karena penggunaan, saat didalam kantong pun jika sinyal lemah maka suhu panas dari hp yang kita gunakan terasa menembus pakaian yang dikenakan.

Jika sobat merasa hp Xiaomi cepat sekali panas maka tak perlu khawatir lagi, tak ada yang salah dengan ponsel anda, ini sebagai dampak dari berbagai fitur canggih yang ditanamkan sehingga kinerja hp selalu berada dalam keadaan maksimal, sehingga bukan hanya terasa cepat panas tetapi juga boros baterai, terasa lemot dan keluhan lain.

Namun jika sobat merasa penasaran sebenarnya kenapa dan apa penyebab Hp Xiaomi cepat panas berikut telah kita rangkum yang menyebabkan suhu naik dan tak nyaman digenggam sampai takut meledak hehehe…

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas

Ini adalah jawaban dari pertanyaan Kenapa Hp Xiaomi 4X, Redmi 3, Note, Prime dan tipe lainnya terasa cepat panas,  lengkap dengan cara mengatasinya, diantaranya :

1). Sinyal di lokasi Sobat lemah
Seperti yang kita sebutkan di paragraf awal, kekuatan sinyal juga menjadi salah satu penyebab, kenapa Hp Xiaomi sobat cepat panas. Hal ini karena smartphone yang anda gunakan bekerja ekstra keras untuk tetap berada dalam jangkauan sinyal, sehingga pengguna tetap merasa nyaman tanpa mengeluh sinyal hilang.

Cara mengatasinya bisa dengan berpindah lokasi, jika tidak memungkinkan untuk mencari tempat yang tercover sinyal cara lain adalah dengan mengganti kartu anda dengan provider yang mempunyai kekuatan sinyal lebih baik di lokasi tersebut.

2). Bermain Game Berat atau Aplikasi besar
Semua orang memilih ponsel terbaik sesuai dengan kebutuhan, namun sayang banyak yang memaksakan spesifikasi minim tapi menggunakan aplikasi ektra besar, bisa bermain game atau pun membuka banyak aplikasi tanpa menutup aplikasi lain yang tidak digunakan, ini juga menjadi penyebab utama hp Xiaomi cepat panas

Cara mengatasi masalah ini tentu saja rajin menutup aplikasi tak terpakai sebelum menjalankan aplikasi lain, serta memainkan game yang sesuai dengan spesifikasi hp yang anda pegang.

3). Terlalu banyak pasang Widget di Home Screen
membuat shortcut di home screen memang dapat mempercepat langkah kita mengakses aplikasi yang sering digunakan, tetapi apakah sobat tahu jika hp sobat bekerja lebih keras jika semakin banyak menu yang ditampilkan di home Screen.

Cara mengatasi Hp Xiaomi Cepat panas karena banyak widget di home screen tentu saja menghapusnya dan memasang yang benar-benar perlu, atau aplikasi yang paling sering digunakan. Misalnya WA, Kontak, Kamera, atau cukup seperlunya saja. Memasang sedikit Widget selain bisa mengatasi hp panas juga menghemat baterai.

4). Hp Xiaomi Cepat Panas Karena Aplikasi Background

Faktor lain yang membuat hp xiaomi semua tipe terasa cepat panas adalah banyaknya jumlah aplikasi yang terus berjalan, tanpa kita sadari banyak aplikasi yang terus bekerja meski kita tidak membukanya, biasanya ini terus bertambah seiring dengan banyaknya tool yang anda instal dalam hp.

Aplikasi ini berjalan sebagai background untuk mempercepat proses jika sewaktu-waktu sobat memanggilnya atau membuka aplikasi tersebut, hal ini sama saja dengan menggunakan pc, tetapi jika menggunakan komputer sobat bisa dengan mudah mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan dengan membuka task manager.

Hal ini menjadi bagian dari penyebab hp Xiaomi atau merk lain cepat panas dan boros baterai. Cara mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang sekiranya kurang penting atau jarang dibuka, jika di pc sobat bisa membuka program apa saja yang berjalan dengan Taks Manager tapi di hp android sobat bisa cek dengan membuka Setting kemudian Installed Apps lalu pilih Running.

5). Menggunakan Ponsel Ketika di Charger

Hampir semua orang melakukan hal ini dan tak sabar menunggu sampai batarei terisi penuh tanpa memikirkan hal buruk yang bisa saja terjadi pada hp yang digunakan. Smartphone biasanya dibekali dengan baterai Lithium-ion atau Lithium Polymer, dimana keduanya sama-sama rentan terhadap suhu tinggi.

Ketika hp sedang di charging apa pun merknya bukan hanya Xiaomi 4x, Redmi, MI pasti akan terasa panas, terlebih lagi jika sobat tetap memaksakan diri untuk menggunakan hp tersebut, akan sangat lebih baik jika sobat mengisi hp dalam kondisi mati, dan sedikit bersabar untuk menggunakannya kembali, supaya hp tidak cepat panas

6). Tak Menyalakan Mode Power Saving

Semua smartphone yang menggunakan OSandroid pasti dibekali dengan fitur hemat daya atau power saving. Jika power saving telah dinyalakan, maka sistem pada ponsel akan melakukan beberapa langkah untuk menghemat baterai, seperti mematikan koneksi Wi-Fi, Bluetooth, GPS, menurunkan kecerahan layar, hingga mematikan aplikasi background. Selain menghemat baterai, berada pada mode hemat juga mampu mengatasi hp cepat panas.

7). Kecerahan Layar

Penyebab ketuju hp Xiaomi cepat panas adalah layar disetting terlalu cerah, Selain menyebabkan baterai cepat boros, ternyata kecerahan layar yang terlalu kontras juga membuat ponsel terbebani. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin banyak pula daya yang dibutuhkan sehingga kinerja ponsel sedikit terbebani.

Untuk pengguna Xiaomi sendiri, sebenarnya bisa mengatur tingkat kecerahan layar pada status bardibagian atas layar bersamaan dengan fitur lainnya. Namun untuk mengaktifkan kecerahan layar automatis, harus mengaktifkannya melalui pengaturan.

Baca Juga: Cara Hard Reset HP Xiaomi Semua Tipe

8). Fitur Penting Belum di Nonaktifkan

Tanpa disadari, ternyata beberapa fitur penting pada ponsel Xiaomi milikmu menyalah begitu saja. Beberapa fitur yang harus segera dinonaktifkan jika sudah tidak digunakan lagi diantaranya adalah Wi-Fi, GPS, Hotspot, dan Bluetooth.

Meskipun tidak digunakan, sistem yang ada pada smartphone akan terus mendeteksi perintah untuk mencari jaringan disekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan baterai cepat boros sekaligus suhu ponsel akan meningkat. Maka dari itu, pastikan kalau keempat fitur yang disebutkan tadi telah nonaktif jika tidak diperlukan lagi.

9). MIUI Version Belum Diupdate

Penyebab Hp Xiaomi 4X, Redmi 3, Mi, dan tipe lain terasa cepat panas yang terakhir adalah MIUI telah usang, hal ini akan sangat berpengaruh pada kinerja smartphone berbasis android, bukan cuma Xiaomi merk lain juga membutuhkan update MIUI supaya kinerjanya terus berada dalam kondisi terbaik

Bukan hanya mengatasi HP Xiaomi cepat pansa tetapi ada banyak fitur terbaru bisa anda nikmati jika MIUI diupdate. Jadi jangan malas lagi untuk terus memperbaruhi setiap kali ada peringatan untuk mengupdate.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *